Upacara Detik-Detik Proklamasi Berjalan Hikmat, Ini Amanat Bupati Dompu

Saturday, August 17th 2019. | BERITA
Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin dalam Peringatan Detik-detik Proklamasi RI-74 tahun 2019 bertempat di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Dompu ‘Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu’, Sabtu (17/08/2019).

DOMPUKAB.GO.ID – Momentun 17 Agustus merupakan pengingat sejarah perjuangan para pahlawan bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari para penjajah.

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah, Pemerintah Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 74 Tahun 2019 bertempat di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Dompu ‘Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu’, Sabtu (17/08/2019).

Dari pantuan langsung, Upacara HUT RI yang bertemakan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju tersebut, berjalan dengan hikmat yang dipimpin langsung Bupati Dompu dan dihadiri Wakil Bupati, Unsur Pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, Ketua Pengadilan, Sekda Dompu, para staf ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPD, Camat, Lurah/Desa, Pimpinan Partai Politik, Ketua Organisasi Masyarakat, Para Veteran, Tokoh Agama, Masyarakat dan para pelajar.

pengibaran sang merah putih

Melalui amanat Gubernur NTB, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan generasi penerus bangsa agar di momentum hari kemerdekaan, dapat merenungkan kembali hal-hal yang telah ditakdirkan Tuhan yang telah menganugerahkan kemerdekaan untuk bangsa yang diperjuangkan dengan darah dan air mata oleh para pendahulu Bangsa.

“Kita patut memberikan penghargaan terbaik untuk para pejuang yang mewariskan kemerdekaan kepada kita, sebagai warisan yang sangat berharga, sehingga kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencapai hal-hal baru di masa depan,” ungkap Bupati.

Diajak juga untuk dapat merenungkan beberapa hal yang terjadi di daerah ini, seperti pada pekan sebelum perayaan kemerdekaan setahun lalu, Tuhan mendatangkan sebuah ujian untuk Nusa Tenggara Barat yakni serangkaian gempa bumi yang memporakporandakan banyak hal dalam hidup kita.

Lanjutnya, pada bencana tersebut ada orang yang hanya kehilangan sedikit hal. Tapi tidak sedikit pula yang kehilangan hampir semua hal berharga dalam hidupnya dan pada orang yang kehilangan hampir segalanya yang tertinggal pada dirinya hanyalah kemerdekaannya.

“Seperti orang terjerambab dalam gelapnya gua, ia masih memiliki kemerdekaan untuk mengambil diantara dua pilihan, akan tetapi mengutuki kegelapan, atau berjuang ke ujung lorong yang menyiratkan cahaya”, ujarnya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan oleh presiden Soekarno 74 tahun silam, merupakan kristalisasi dari perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaan. “Sejarah ini akan terus kita kenang. kita jadikan pengingat, bahwa sepanjang dan sesulit apapun rintangan tetaplah bisa menghasilkan kemenangan yang gemilang. Selamat hari kemerdekaan,” tutup Bupati. (kominfo)

ntb dompu hut 60
tags: , , ,

Related For Upacara Detik-Detik Proklamasi Berjalan Hikmat, Ini Amanat Bupati Dompu