TP-PKK Kabupaten Dompu Gelar Rakor dan Talk Show Kesehatan Perempuan

Sunday, February 25th 2018. | BERITA
taklshow kesehatan perempuan

Rakor TP-PKK Kabupaten Dompu dan Talkshow Kesehatan Perempuan. (Dok : Humas/Dompu)

 DOMPUKAB.GO.ID – TP-PKK Kabupaten Dompu kembali mengedukasi dan menghimbau perempuan dan masyarakat umum tentang pentingnya peningkatan kualitas kesehatan. Kegiatan yang di gelar dalam rangka rapat koordinasi TP-PKK yang dirangkaikan dengan talk show kesehatan perempuan di Kabupaten Dompu berlokasi di Pendopo Bupati, Minggu (25/02/2018).

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Hj. Eri Aryani H. Bambang menyampaikan, selama 2 tahun dilantik selaku ketua TP PKK Kab Dompu, pihaknya tetap aktif menjalankan program kegiatan. “Kami tim PKK sebagai mitra kerja pemerintah, tetap giat melaksanakan 10 program PKK secara terpadu dan berjenjang sampai ketingkat desa yang mengacu pada hasil Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke delapan PKK, “jelasnya.

Umi Eri menambahkan, pihaknya juga intens melaksanakan pelatihan simulasi UU No. 23 tahun 2004 tentang pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, lomba pola asuh anak dan remaja, pembinaan dan monitoring PAUD holistik, pengembangan kehidupan berkoperasi, pembinaan UP2K desa dalam rangka persiapan lomba tingkat nasional.

PKK juga tetap melaksanakan sosialisasi pengolahan hasil pangan, pelatihan jajanan bebahan pangan local, pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida organik, serta terus mensosialisasikan hal-hal bidang kesehatan dan lingkungan hidup sebagai kegiatan POKJA pada TP-PKK Kabupaten Dompu. “Semua kegiatan terus kami lakukan dan tingkatkan,” jelasnya.

Terkait penguatan kelembagaan serta peningkatan pengetahuan pengelolaan keuangan dan penataan administrasi PKK, pihaknya tetap melakukan konsolidasi mulai dari tingkat atas ke tingkat bawah. “Kami tetap melaksanakan konsolidasi asistensi keuangan bagi anggota TP PKK Desa atau Kelurahan,” ungkapnya.

Terkait dengan Talk Show yang mengambil tema ‘Kesehatan Perempuan’ yang ditujukan untuk komunitas wanita dan perempuan se Kabupaten Dompu. Umi Eri mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengetahuan perempuan akan kesehatan. “Kami mengajak masyarakat untuk tergugah hatinya agar terus berupaya meningkatkan kepedulian serta kesadaran masyarakat umum, khususnya perempuan akan pentingnya menjaga serta meningkatkan kualitas kesehatan dari bahaya penyakit kanker,” jelasnya.

Kegiatan Talk Show kali ini menampilkan nara sumber DR. dr. Agus Supriyadi, SpOG(K).,MKes MMR yang merupakan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, pada Rumah sakit Anak dan Bunda Harapan Kita.

Dalam pemaparannya Agus menjelaskan, bahaya penyakit kanker rahim, payudara serta  kanker serviks pada perempuan. “Penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan sejak dini dan sangat erat kaitannya dengan menjaga kualitas kesehatan,” ujarnya.

Dalam mengupayakan keturunan, kata Agus tidak hanya terkait dengan masalah medis, namun juga butuh pemantapan dari sisi religi dan spiritual. “Ada campur tangan Tuhan dalam memperoleh keturunan, ikhtiar perlu terus dilakukan salah satunya melalui bayi tabung.  Namun, tetap tuhan yang memiliki kuasa,”pungkasnya.

Acara yang dihadiri oleh seluruh kader TP-PKK, gabungan organisasi wanita dan berbagai elemen perempuan lainnya serta masyarakat umum tersebut diikuti hingga akhir dan penuh antusias oleh peserta Talk Show. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , ,

Related For TP-PKK Kabupaten Dompu Gelar Rakor dan Talk Show Kesehatan Perempuan