STQ RESMI DITUTUP, INI PESAN BUPATI DAN DERETAN PARA JUARANYA

Friday, May 11th 2018. | BERITA
Penutupan STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu

Bupati, Sekda dan perwakilan Forkompimda Dompu foto bersama para juara STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2018. (Dok : Humas Dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Kamis (10/5/2018) malam, Bupati Dompu resmi menutup kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXV Tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan sejak tanggal 7 Mei 2018 di Lapangan Bola Desa Adu Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu yang dihadiri Sekda, perwakilan forum koordinasi pimpinan daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua MUI, Kepala OPD, Samat, Lurah/Kepala Desa se-Kabupaten Dompu, para Dewan Hakam, Panitia Penyelenggara, tokoh agama, para alim ulama, tokoh masyarakat, generasi muda, tokoh wanita, para Qori/Qori’ah dan Jurnalis

Sebelum menutup acara tersebut, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen peemrintah dan masyarakat, lebih khusus kepada TNI/Polri, panitia dan masyarakat Kecamatan Hu’u khususnya warga Desa Adu. “Alhamdulillah STQ dapat kita laksanakan dengan aman dan lancar,” ungkap Bupati.

H. Bambang menambahkan, kegiatan STQ yang diadakan selain untuk menyeleksi Qori/Qoriah dan Hafizd/Hafizdah terbaik untuk mewakili Dompu pada STQ Tingkat Provinsi di bulan November 2018 mendatang. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyiarkan Agama Islam ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan Visi daerah yakni mewujudkan masyarakat Dompu yang Mandiri dan Religius.

Mandiri, kata Bupati adalah mewujudkan masyarakat Dompu yang bisa memenuhi kebutuhan hidup melalui usaha dan kerja kerasnya sendiri, sehingga ada kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

“Melalui program Terpijar bidang penanaman jagung, kemandirian masyarakat Dompu sudah mulai ada seperti membangun rumah, menyekolahkan anak-anaknya sampai perguruan tinggi, membeli kendaraan dan perabotan rumah dan lainya,” ucap Bupati.

Sedangkan, mewujudkan masyarakat Dompu yang religius, kata Bupati sangat memelurkan kerja keras dari seluruh elemen, salah satunya melalui STQ agar siar-siar agama Islam dapat tersampaikan di tengah-tengah masyarakat. “Mewujudkan siar agama di daerah ini, harus menjadi tanggung jawab moral kita semua,” ujar Bupati.

Terkait STQ, Bupati mengharapkan kepada masing-masing desa agar dapat mengganggarkan dana melalui Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) untuk membangun dan menghidupkan Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA) serta melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarkat untuk terlibat di dalamnya, sehingga melahirkan Qori/Qoriah Hafizd/Hafizdah terbaik Dompu.

“Mulai sekarang setiap desa harus ada TPQ pembina yang honornya dari dana desa, supaya kedepan tidak ada lagi peserta STQ atau MTQ hasil distribusi atau naturalisasi dari wilayah lain. Bila perlu, pemerintah akan memfasilitasi anak-anak dari Dompu untuk menimba ilmu agama islam di pesantren agar melahirkan Qori/Qoriah dan Hafizd/Hafizdah terbaik daerah ini,” ucapnya.

Saat akan menutup acara tersebut, kembali Bupati berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk memiliki tanggung jawab moril dalam menyiarkan agama islam di tengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya, Ir. H. Moh. Rasyidin Suryadi, M.Si Asisten Pembangunan Ekonomi dan Kesra yang menjabat sebagai Ketua Panitia STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu menyampaikan, STQ diikuti sebanyak 79 Kafilah di 8 kecamatan. “Pemda menyediakan hadiah dan dana pembinaan secara keseluruhan sebanyak Rp. 300 juta bagi kecamatan yang menjuarai STQ ini,” ucapnya.

STQ yang bertujuan untuk menyeleksi Qori/Qoriah Hafizd/Hafizdah terbaik Bumi Nggahi Rawi Pahu tersebut dilaksanakan dengan tiga mata lomba yakni Cabang Tilawah, Tahfis dan Cabang Tafsir. “Hanya peserta yang meraih juara satu yang akan menjadi Duta Kabupaten Dompu pada STQ tingkat Provinis NTB mendatang,” ujarnya.

Untuk penetapan para juara Qori/Qoriah Hafizd/Hafizdah Terbaik I, II, III dan Harapan sesuai keputusan Dewan Hakam Nomor : 3/DH-STQ-XXV/2018 dibacakan Drs. Solihin, SH, MH Sekretaris Dewan Hakam.

Ia menyebutkan, Cabang Tilawah tingkat Anak-anak untuk Qori juara 1 diraih Moh. Ervan Fadilah utusan Kecamatan Dompu, juara 2 diraih Ahmad Sukarni utusan Kecamatan Pajo, juara 3 diraih Rangga Makaza utusan Kecamatan Manggelewa dan juara harapan Wahyudin dari Kecamatan Woja. Untuk Qori’ah, juara 1 Nurul Akmal utusan Kecamatan Manggelewa, juara 2 ST. Hajar Kecamatan Woja, juara 3 Vita Rismawati Kecamatan Pajo, juara harapan Anggun Febriana dari Kecamatan Pajo.

Cabang Tilawah tingkat Dewasa, untuk Qori terbaik diraih Wais Al-Qarni utusan Kecamatan Woja, juara 2 Syamsurizal Kecamatan Dompu, Junaidin utusan Kecamatan Pekat dan Tamrujin dari Kecamatan Pajo meriah juara harapan. Untuk Qori’ah, juara 1 diraih Nurahmi utusan Kecamatan Woja, disusul Enti Muhaimin Kecamatan Hu’u dan Reni Anggriani Kecamatan Kilo di urutan 3 dan Isratul Aini di juara harapan.

Pada Cabang Hifzil Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 Moh. Kuniawan utusan Kecamatan Dompu, juara 2 Andika Pratama dari Pajo disusul Ikra Awaluddin Woja dan Hidayatullah Manggelewa juara harapan. Untuk Hafizdah juara 1 Nurfida Dompu, juara 2 Jaiatussuriana dari Pajo, Dwi Nacita Kilo juara 3 dan Asvira Syahraini juara harapan.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 Moh. Fadillah utusan Dompu, ke dua Anhar Zakariah dari Kecamatan Woja dan ke tiga Zulkarnain Manggelewa, sedangkan M. Hilmy Huawadi dari Hu’u meraih juara harapan. Untuk Hafizdah juara 1 Nurul Aulia dari Kempo, juara 2 Ningsih utusan Manggelewa, juara 3 Siti Ratna Desi dari Pajo dan juara harapan Rizka Wafirah dari Dompu.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 10 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 diraih Muhammad Faisal utusan Kecamatan Kilo , juara 2 Rajaalun dari Dompu, ke 3 Yusril Muhdar dari Manggelewa dan juara harapan Khaerunnas Ramadhan dari Hu’u. Sedang Hafizdah tidak ada juara 1 dan harapan, hanya juara 2 Titin Ruhyah utusan Manggelewa dan juara 3 Nur Atinah dari Kecamatan Hu’u.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 20 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 diraih Bayu Al Kausar utusan Kecamatan Kempo, juara 2 Firman Hidayat dari Kilo, juara 3 M. Gadhil dari Woja dan Muh. Tolhah dari Manggelewa meraih juara harapan. Untuk Hafizdah juara pertamnya tidak ada, sedangkan juara 2 Lesi Wahyu Lestina utusan Kecamatan Pajo, Diana Aprilida Kempo juara 3 dan Liana Susanti dari Manggelewa juara harapan.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 30 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 diraih Rian Syahril Hadi utusan Kecamatan Kilo, juara 2 Muh. Romadhaniyah dari Manggelewa. Bagus Andika Kahfi dari Woja meraiah juara 3 dan tidak ada juara harapan. Untuk Hafizdah, juara 1, 2 dan 3 tidak ada hanya Qomariah utusan Kecamatan Dompu yang meraih juara harapan. “Sedangkan juara Umum perorangan diraih Wais Al-Qarni utusan Kecamatan Woja. Sedangkan juara Umum Wilayah diraih Kecamatan Dompu,” ungkap Solihin.

Dari pantauan langsung, acara tersebut berjalan dengan aman, lancar dan sukses walau arena STQ diterjang angin kencang. Namun, tidak menyurutkan niat para Undangan dan masyarakat Dompu untuk memeriahkan acara penutupan STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2018. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , , ,

Related For STQ RESMI DITUTUP, INI PESAN BUPATI DAN DERETAN PARA JUARANYA