Sosialisasi DBIP 2019 di Kabupaten Dompu

Thursday, June 20th 2019. | BERITA

Optimalkan Informasi Publi, Komisi Informasi Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Dompu selenggarakan Sosialisasi Gerakan Bersama Layanan Dasar (Gebyar) dan Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) Tahun 2019 yang bertempat di Ruang Rapat Bupati Dompu. Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh 25 Peserta dari PPID Puskesmas, PPID Desa, PPID Sekolah dan perwakilan Desa Benderang Informasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dompu, Ir. Fakhrudin A.Wahab, M.Si mengungkapkan bahwa sosialisasi ini memiliki arti penting sebagai wadah untuk lebih mendorong peningkatan peran lembaga pemerintah bagi pemenuhan kebutuhan informasi publik untuk masyarakat. Khususnya terkait dengan keterbukaan informasi publik agar lebih terbuka hal ini guna mensukseskan agenda Pemkab Dompu kedepan untuk dapat memberikan pelayanan informasi publik yang lebih maksimal.

Ketua Komisi Provinsi NTB, Hendriadi SE,ME Menyampaikan , sosialisasi Gebyar DBIP ini didasarkan pada Undang undang 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Sehingga dapat memberikan jaminan terhadap semua orang untuk memperoleh informasi publik. Serta elemen yang penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka adalah terpenuhinya hak publik. Dengan demikian dapat memberikan partisipasi pada masyarakat dalam setiap proses pengambilan keputusan publik di badan publik.

“Salah satunya yang paling utama adalah pada badan publik, seperti pendidikan dan kesehatan, yang merupakan layanan dasar bersentuhan langsung dengan layanan dasar bagi rakyat untuk meningkatkan layanan derajat dan kesejahteraan,” jelasnya.

Untuk mengoptimalkan dan mewujudkannya khususnya bagi sekolah dan puskesmas harus dapat melakukan layanan informasi publik yang berkualitas dan baik serta mudah diakses oleh masyarakat guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta tentang pentingnya layanan informasi publik yang berkualitas disekolah, puskesmas, dan desa atau kelurahan.
Diharapkan dengan dilakukan sosialisasi ini penyebaran informasi publik dapat lebih baik dan maksimal, selain itu pula memiliki kualitas yang baik dan mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat. Informasi merupakan salah satu elemen penting dalam masyarakat sehingga keterbukaan dan penyebaran informasi sangat penting dalam masyarakat.

Share and Enjoy

ntb dompu hut 60

Related For Sosialisasi DBIP 2019 di Kabupaten Dompu