RAMAH TAMAH DENGAN VETERAN, BUPATI : JANGAN TANYA APA YANG DIBERIKAN….

Tuesday, August 14th 2018. | BERITA
ramah tamah dengan veteran

Bupati Dompu menyerahkan Bingkisan cendramata kepada Veteran dan Janda Pejuang pada acara ramah tamah di Pandopo , Selasa 14 Agusutus 2018. (Dok : Humas Dompu).

DOMPUKAB.GO.ID – Veteran merupakan para pejuang yang berperan secara aktif membela Negara Republik Indonesia melawan penjajah dengan sekuat tenaga dengan satu tujuan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Bangsa yang berbudaya dan telah menikmati kemerdekaan dan hasil pembangunan, sudah selayaknya memberikan penghormatan atas jasa-jasa pejuang perintis kemerdekaan ini, dengan cara ikut mengambil bagian mewujudkan cita-cita proklamasi dan mengisi kemerdekaan.

Sebagai bentuk perhatian jelang peringatan Hari Kemerdekaan Repubrik Indonesia ke-73 Tahun 2018. Pemerintah Kabupaten Dompu mengadakan acara ramah tamah bersama para Legiun Veteran dan Warakawuri di Pandopo Bupati, Selasa (17/8/2018).

Acara tersebut dihadiri Bupati Dompu, puluhan Veteran, Janda Pahlawan, Dandim 1614 Dompu, Instansi vertikal, Kepala SKPD dan para tamu undangan lainya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara, masyarakat khususnya generasi muda untuk menjadikan semangat para Veteran sebagai sumber inspirasi. “Tanpa jasa dan perjuangan para pahlawan, belum tentu kita dapat menikmati hasil pembangunan seperti saat ini,” kata Bupati.

Menjadikan para perintis kemerdekaan sebagai sumber inspirasi dan contoh tauladan, karena mampu membela negara dengan mengorbankan jiwa dan raga bahkan keluarga maupun segala hal yang dimilikinya hanya untuk satu Idealisme yakni mempertahankan NKRI. “Kita harus menumbuhkan idealisme kebangsaan yang kuat pada diri dan generasi muda. Kalau tidak, maka negara akan terpecah belah,” ujar H. Bambang.

Bupati juga mengajak untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan Bangsa dan Negera, lebih khusus untuk Bumi Nggahi Rawi Pahu. “Seberapapun kecil kontribusi kita pada daerah ini, mari kita lakukan. Tapi, kalau tidak lebih baik kita diam dan jangan memprovokasi dengan menyebarkan fitnah dan berita-berita yang tidak benar,” sarannya.

Pada momen tersebut, Bupati juga mengharapkan agar dapat membangun soilidaritas dan keteladanan untuk saling membantu sesama warga bangsa Indonesia, khususnya saudara-saudara yang terkena musibah bencana Gempa Bumi di Pulau Lombok NTB. “Mari kita bantu mereka, paling tidak mendoakan agar segera dijauhkan dari musibah dan diberikan kesabaran dan keihlasan atas semua cobaan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk Jangan Melupakan Sejarah 45 (Jasmerah45) dan harus dijadikan referensi untuk berbuat lebih baik bagi Bangsa, khususnya daerah ini.

“Jangan tanya apa yang Indonesia berikan. Tapi tanya apa yang kita berikan untuk Indonesia dan jangan tanya Apa yang Dompu berikan, tapi tanya apa yang telah kita berikan untuk daerah tercinta ini,” tutup Bupati sembari berdoa semoga para Veteran dipanjangkan umur agar dapat terus melihat hasil perjuangannya.

Sebelumnya, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Dompu Drs. H. A. Rasul menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Dompu yang telah mendadakan kegiatan ramah tamah dengan veteran sebagai penghormatan atas jasa-jasa pejuang kemerdekaan ini.

“Anak-anak dan generasi muda harus terus kita tanamkan jiwa semangat 45, rasa bela negara, kebangsaan dan persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat,” ujarnya sembari merencanakan akan memberikan penghargaan Satya Lencana Veteran kepada Bupati atas upaya-upaya menghargai dan menghormati veteran.

Tambahnya, Veteran dan Pemda harus bersatu padu dalam menjalankan tugas negara dengan tetap menjalin semangat rasa cinta tanah air serta mendukung agar NKRI tatap utuh dan menjadi bangsa yang lebih baik. “Paling penting, kita harus tanamkan jiwa patriotisme jangan termakan isu dan fitnah yang membuat negara terpecah belah dan terus jaga keutuhan NKRI agar menjadi negara yang lebih baik, adil dan makmur,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Dompu Mayor. (Pur) HM. Nur Salam menyamkaikan keinginannya untuk memiliki kantor agar aktif membantu pemerintah dalam berbagai bidang serta dapat memberikan contoh tauladan kepada generasi muda agar semangat membangun bangsa dan negara serta daerah. “Kami orang tua masih punya keinginan mengabdi dan bekerja untuk negara dan bangsa ini,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komando Distrik Militer 1614 Dompu yang telah membedah rumah veteran maupun janda para pejuang kemerdekaan, katanya.

Acara ditutup dengan pemberian bingkisan kepada 20 orang veteran dan 18 janda veteran. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , , , ,

Related For RAMAH TAMAH DENGAN VETERAN, BUPATI : JANGAN TANYA APA YANG DIBERIKAN….