Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Monday, October 28th 2019. | BERITA
Bupati Dompu Selaku Pembina Upacara Dalam Peringatan Puncak Hari Sumpah Pemuda Lapangan Beringin Dompu Senin, (28/10/2019)

DOMPUKAB.GO.ID – Merdeka.. Kalimat itu begitu sakral di saat masa perjuangan Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan, kemerdekaan itu kemudian didapat pada 17 Agustus 1945 yang tentunya tak bisa lepas dari pengaruh dan kerja keras para pemuda.

Pemuda memang memiliki peran penting dalam sejarah Republik Indonesia, berkat desakan pemuda yang “menculik” Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok, Jawa Barat, Indonesia kemudian memproklamasikan kemerdekaannya. Meski begitu, peran pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan jauh telah dilakukan sebelum 1945.
Tujuh tahun setelah berdirinya Budi Oetomo pada 1908 misalnya, para pemuda mulai bangkit meskipun masih dalam suasana kesukuan. Seperti itulah heroiknya perjuangan pemuda pada masa itu.

Tepat pukul 08.00 WITA Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan dilapangan Beringin Dompu pada hari senin (28/10/2019). Dihadiri seluruh ASN, Pimpinan, Forkopinda, ORMAS, OKP, berjalan khidmat.
Bupati Dompu Dalam amanatnya yang membacakan sambutan Mentri Pemuda dan Olahraga “Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.”

Momentum Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu
Senin, (28/10/2019)

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Usai membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, H. Bambang M. Yasin yang sebelumnya menginstruksikan dalam pelaksanaan upacara agar seluruh peserta mengenakan pakaian adat dengan maksud tetap menciptakan kebersahajaan dalam momentum penyelenggaraan Sumpah Pemuda Tahun ini.
“Terima kasih seluruhnya karena telah mengenakan pakaian adat, dan ini menandakan bahwa dengan pakaian seperti ini kita tetap dapat beraktifitas dengan baik” ungkapnya. (TM Kominfo)

ntb dompu hut 60
tags: , , , ,

Related For Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda