PROGRAM STBM, BUPATI : SANITASI AKAN SELESAI BILA MASYARAKAT PUNYA UANG

Wednesday, January 17th 2018. | BERITA
Deklarasi STBM Dorotangga

Bupati menyampaikan sambutan pada Deklarasi STBM Kelurahan Dorotanggal. (dok:humas/dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan program yang diluncurkan Kementerian Kesehatan untuk merubah prilaku Higiene dan Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicu.

Dalam menyukseskan Program STBM di Kabupaten Dompu, Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin memberikan solusi yang singkat dan tepat. “Bicara soal sanitasi, kita berbicara soal sarana dan prasarana, saya pikirnya singkat saja ujung dari semua urusan ini adalah uang, kalau tidak ada uang tidak akan ada WC, Toilet dan lainya,” ungkap Bupati pada acara Deklarasi STBM Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu, Rabu (17/1/2017).

Membuat rakyat memiliki banyak uang, kata Bupati adalah tugas pemerintah menyediakan kesempatan membuka peluang mendorong fasilitasi masyarakat supaya memiliki uang. “Kita bisa lihat di Desa Saneo, Serakapi, Tolokalo dan lainya yang masyarakatnya tiba-tiba punya uang, sekarang rame-rame memperbaiki dan membangun rumah permanen. Saya yakin setiap rumah yang dibangun baru itu, di dalamnya pasti ada WC,” ujar Bupati.

Perekonomian warga yang sudah cukup baik melalui Program penanaman jagung yang dihadirkan pemerintah diyakini dapat menciptakan kehidupan yang sehat dan bersih dilingkungan masyarakat desa/kelurahan di Kabupaten Dompu.

Kata Bupati, Indikator mengukur kesuksesan program STBM di Dompu sangat mudah, karena 5-6 tahun tidak ada wabah korela dan penyakit masal yang terjadi di daerah ini. “Itu berarti daya tahan kesehatan tubuh masyarkat kita sudah hebat. Tapi kalau warga kita kelaparan, maka ketahanan tubuhnya tidak kuat dari gigitan satu nyamuk saja,” ujarnya.

Semakin baiknya tingkat pendapatan masyarakat, maka gizi akan terjaga dan tingkat kesehatannya juga akan semakin baik yang dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang, ucap Bupati.

Selain karena tingkat pendapatan ekonomi yang membaik melalui Program jagung. Kesuksesan Program STBM juga ditunjang dari kinerja para Kepala Desa, khususnya dalam menggunakan Dana Desa seefiesin mungkin untuk menjamin kehidupan yang sehat dan bersih bagi warga.

“Saya minta kepada Kepala Desa, agar Dana Desa digunakan untuk membeli motor tiga roda sebagai alat angkut sampah dan menyediakan Tempat Pembuangan Sementera untuk Sampah, serta menggaji orang maupun warga masyarakat yang menjadi operator motor tiga roda yang mengangkut sapah,” ujar Bupati.

Dengan Dana Desa juga, kata Bupati dirinnya sudah minta agar setiap desa, disetiap tahun minimum 15 unit rumah tidak layak huni harus dibedah. “Jadi Proses untuk Stop BAB (Buang Air Besar) disembarang tempat Insya Allah bisa segera kita selesaikan,” ujar Bupati.

Jika semua hal dapat dijalankan dengan baik dan benar, mulai dari memperbaiki tingkat pendapatan ekonomi warga, sampai mengatasi sampah serta melakukan bedah rumah, maka Bupati menargetkan untuk mendeklarasikan STBM di tingkat kecamatan dan Kabupaten Dompu. “Target kita adalah akan mendeklarsikan STBM Kecamatan Dompu pada 9 April 2018 dan deklarasi untuk STBM Tingkat Kabupaten Dompu sebelum 17 Agustus 2018,” tantang Bupati.

Sebelumnya, Dewi Mahligai Putri Ketua Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kecamatan Dompu mengatakan, deklarari STBM Kelurahan Dorotangga berhasil memenuhi lima indikator dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikator. “Hasil rata-rata yang diperoleh 97,46 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Drs. Nazaruddin Camat Dompu mengajak kepada seluruh kepala desa dan lurah diwilayahnya untuk dapat mendeklarasikan diri sebagai desa/kelurahan STBM. “Mari kita bertekat, agar Kecamatan Dompu tahun ini bisa mendeklarasikan disi sebagai kecamatan STBM,” inginnya.

Dari pantauan, kegiatan yang diadakan di halaman Kantor Kelurahan Dorotangga tersebut ditutup dengan demonstrasi Cuci Tangan Pakai Sabun oleh Bupati bersama Forkopinda dan kepala Dinas/Insatansi yang dilanjutkan dengan peninjauan kampung Pelagi di Doro Afu. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , ,

Related For PROGRAM STBM, BUPATI : SANITASI AKAN SELESAI BILA MASYARAKAT PUNYA UANG