PERINGATI TIGA HARI BESAR PEMDA GELAR UPACARA DI PELABUHAN NUSANTARA KILO

Tuesday, December 3rd 2019. | BERITA
Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar 3 (tiga) peringatan hari besar nasional di Lapangan Pelabuhan Nusantara Kilo Desa Mbuju Kec. Kilo Kab. Dompu

DOMPUKAB.GO.ID – Sabtu (30/11/2019) pagi, yang dimulai dari Jam 08.00 WITA sampai selesai. Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar 3 (tiga) peringatan hari besar nasional sekaligus dalam satu upacara bersama tepatnya di Lapangan Pelabuhan Nusantara Kilo Desa Mbuju Kec. Kilo Kab. Dompu.

Ketiga hari besar nasional tersebut diantaranya HUT ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019.

Peringatan tiga hari besar nasional yang dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, Dandim 1614/Dompu, Kapolres Dompu, Pimpinan SKPD se Kab. Dompu, OPD Pemkab Dompu, Dharma Wanita Persatuan Pemkab Dompu, Pengurus PGRI Dompu, Ketua KNPI, Ketua Kwacab Pramuka Kab. Dompu, TNI, Polri, Perawat, Bidan, Camat, Lurah, Kades dan Petugas Kesehatan di Kec. Kilo.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi positif dengan adanya upacara tiga hari besar yang  dilaksanakan di Kec. Kilo tepatnya di depan pelabuhan Nusantara Kilo yang nantinya akan menjadi icon Kab. Dompu. Beliau menekankan kepada seluruh Guru, Pegawai dan Tenaga Kesehatan untuk Bahu-membahu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, memberikan sisi positif dan lebih berinovasi lagi. Karena persaingan sangat ketat dan kita harus bisa bangkit dari keterpurukan dan kemiskinan.

Selanjutnya “Beberapa tahun kedepan kita akan dirikan Pelabuhan Nusantara di Kec. Kilo ini, akan banyak Pabrik Pakan dan akan di upayakan beberapa potensi pendukung lainya, karena tujuan pemerintah adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan, agar masyarakat terhindar dari kemiskinan, semoga perjuangan kita akan berhasil”, ungkapnya.

Sementara itu, dalam memperingati Hari Guru Nasional, bupati mengungkapkan bahwa guru merupakan sosok yang berperan penting dalam mencerdaskan bangsa, sebagai pengembang inovasi dibidang pendidikan.

Dalam mendidik dan mengajar, terutama pembelajaran dan proses belajar-mengajar, guru di Kab. Dompu senantiasa perlu mengambil berbagai macam keputusan untuk bertindak sesuai dengan kondisi siswanya. Seorang guru yang profesional harus dapat secara cepat dan tepat mengambil keputusan dan bertindak dengan penuh rasa tanggung jawab dalam menghadapi dan mengatasi berbagai masalah pembelajaran dan pengelolaan kelas.

KORPRI merupakan organisasi yang mewadahi para PNS di seluruh Indonesia. Pemerintah RI telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang pembinaan jiwa Korps dan kode etik PNS. Pembinaan Jiwa Korps ini bertujuan untuk membina karakter/watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan guna mewujudkan kerjasama dan semangat pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan kemampuan dan keteladanan PNS, selanjutnya mendorong etos kerja untuk mewujudkan PNS yang bermutu tinggi dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai aparatur negara dan wawasan kebangsaan dalam wadah NKRI.

Tenaga kesehatan di Kab. Dompu sangat dibutuhkan perannya untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan. Selama ini peran yang dikenal dari seorang tenaga kesehatan adalah sebagai seorang “penyembuh”. Harapan masyarakat Kab. Dompu bila berhadapan dengan tenaga kesehatan adalah dapat memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah kesehatannya baik keluhan hal yang mendasar sampai hal-hal yang komplikasi ditanyakan kepada mereka. Peran seorang “penyembuh” ini amat mulia dan dihargai sangat tinggi dimata masyarakat.

Kekhawtiran akan stunting di Kab. Dompu juga tercatat mulai menurun sekitar 10 persen di berbagai desa dan kecamatan, jadi harus perlu adanya sosialisasi dan pembinaan untuk masyarakat agar bisa terbebas dari stunting.

Sebelum mengakhiri sambutanya Bupati memberikan Apresiasi kepada MUSPIKA Kec.Kilo beserta camat dan jajaranya atas partisipasinya mulai dari penyediaan tempat pelaksanaan hingga petugas upacara sehingga pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan Lancar dan sukses.

“Pemerintah Daerah telah melakukan survei dan sudah memiliki rancangan peta jalan untuk membangun Akses Jalan dari Cabang Banggo Kec.Manggelewa menuju Kec.Kilo untuk menyediakan Infrastruktur yang mendukung beroperasinya Pelabuhan Nusantara di Kec.Kilo Kab.Dompu sehingga asas manfaat dari pembangunan ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat kab.Dompu”.tambahnya.

Setelah upacara selesai dilanjutkan Penyerahan Alqur’an dan Iqro’ oleh pemerintah Kab.Dompu kepada Desa Mbuju Kec.Kilo dan penyerahan hadiah kepada para pemenang yang sudah mengikuti berbagai jenis lomba yang telah diselenggarakan oleh panitia pelaksana kegiatan yang diserahkan oleh Bupati Dompu Drs.H.Bambang M.Yasin. (TM KOMINFO)

ntb dompu hut 60

Related For PERINGATI TIGA HARI BESAR PEMDA GELAR UPACARA DI PELABUHAN NUSANTARA KILO