PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI BERLANGSUNG KHIDMAT

Friday, August 17th 2018. | BERITA
Upacara Kemerdekaan 17 Agustus Tahun 2018

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-73 Republik Indonesia Tahun 2018 berlangsung Khidmat

 

DOMPUKAB.GO.ID – Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2018 digelar di Lapangan Beringin Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu Kabupaten Dompu pada Jum’at (17/8/2018).

Lantunan merdu Aubade Siswa/Siswi gabungan pelajar SMA I, II dan SMK I Kabupaten Dompu pada pra upacara memberi nuansa tersendiri atas semangat kebangsaan para peserta yang telah hadir di lokasi upacara.

Tepat Pukul 09.00 Wita Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin selaku Inspektur Upacara menaiki mimbar dan menekan sirine peringatan detik-detik proklamasi dengan durasi 1 menit.

HBY tampak tenang membacakan Sambutan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. “ Peringatan ini merupakan momentum bagi daerah kita untuk bisa bangkit, bekerja dan terus menorehkan prestasi pembangunan, setelah bencana gempa yang terjadi” jelasnya.

Dalam kesempatan ini pula, HBY menyampaikan harapan Gubernur NTB, yang akrab di sapa TGB, terhadap bencana yang melanda Pulau Lombok “Saya ingin kita bersama membangkitkan kembali seluruh hal yang telah porak poranda akibat bencana gempa 6.4, 7 dan 6.2 SR di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur” harapnya.

Pada peringatan detik-detik proklamasi tahun 2018 ini Yuliadin S.Sos, Ketua DPRD Kab. Dompu bertindak sebagai pembaca Naskah Proklamasi, dan Komandan Upacara di ambil alih oleh IPTU Sudirman, SH, yang juga menjabat sebagai Danki Brimob Dompu pada kesatuannya.

Suasana hikmat dan tertib semakin terlihat saat pasukan pengibar bendera mulai mengibarkan sang saka merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rasa haru terselip di tiap sanubari para peserta membayangkan perjuangan para Pahlawan yang telah gugur di medan juang demi memproklamirkan kemerdekan Republik Indonesia 73 tahun silam.

Di akhir prosesi upacara, Bupati Dompu memberikan penghargaan kepada para ASN Tim Tanggap Darurat yang telah mengabdi untuk membantu bencana Lombok yaitu dari Tim BPBD, DIKES, RSUD, Dinas Sosial, Sat – Pol PP dan Dinas PU & PR. Yang dilanjutkan dengan pemberian Remisi kepada 188 orang narapidana dari 190 orang narapidana yang diusulkan.

Dari pantauan Tim HUMAS, upacara dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Dompu, Pimpinan Anggota FORKOPIMDA, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, veteran dan janda veteran, Pejabat Sipil TNI/POLRI, Anggota DPRD, Ketua TP PKK, Ketua GOW dan sejumlah Ketua Organisasi wanita lainnya, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Pelajar, Jurnalis dan perwakilan ASN tiap OPD  yang mengisi barisan Pleton.

Suasana Penurunan Bendera Merh Putih yang dilaksanakan pada sore hari pukul 17.00 Wita pun tidak berbeda jauh dengan peringatan detik-detik proklamasi. Para Paskibraka berhasil menjalankan tugas dengan lancar dan penuh khidmat. Menambah keseruan di akhir upacara dengan suguhan penampilan Polisi Cilik binaan Polres Dompu. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , ,

Related For PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI BERLANGSUNG KHIDMAT