PEMDA DOMPU SIAP SAMBUT PROGRAM 1 JUTA SAPI DARI KEMENTERIAN PERTANIAN RI

Wednesday, December 27th 2017. | BERITA
PANEN PEDET SAPI (1)

Kondisi Peternakan Sapi warga yang berkembang dengan baik di Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu saat Panen Pedet yang dihadiri Dirjen PKH beberapa waktu lalu. (Dok: humas/dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Dompu siap menyukseskan Program 1 juta sapi yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk mewujudkan Indonesia dalam Swasembada daging Sapi serta menunjang kesejahteraan ekonomi dan pemenuhan protein hewani bagi rakyat.

Melalui Program tersebut, Kementan melalui Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan berencana akan mengalokasikan sebanyak 1.000 ekor Sapi Brahman Cross untuk Kabupaten Dompu di tahun 2018.

Rencana Kementerian Pertanian mengalokasin sapi pedaging untuk Bumi Nggahi Rawi Pahu dipastikan akan berhasil dan sukses. Pasalnya, Pemda Dompu selalu fokus menjalankan setiap program dari pemerintah atasan yang didukung penuh seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, kepastikan keberhasilan program tersebut lantaran didukung dengan adanya padang pengembalaan Doro Ncanga yang secara iklim dan geografis cocok untuk pengembangan sapi.

Serta adanya ketersediaan pakan ternak dari limbah jagung, padi kedelai dan tebu serta adanya lahan Himpunan Makanan Ternak (HMT) yang dibangun pemerintah daerah di Doro Ncanga maupun HMT yang ditanam warga baik rumput gajah maupun lamtoro di sejumlah wilayah.

Untuk menjamin perkembangan dan kesehatan ternak, Kabupaten Dompu memiliki ketersediaan Sumber Daya Manusia yang unggul di Dinas Peternakan Kesehatan Hewan baik tenga medis, para medis, insiminator dan sarjana peternakan yang potensial dan profesional.

Dukungan lainya, terkait dengan pengadaan komiditi peternakan dan pertanian bahwa sejak tahun 2017 juga termuat dalam E-Catalog sehingga mempermudah mengadakan prodak-prodak barang/jasa termasuk dibidang peternakan dan pertanian. Sehingga pengusaha lokal dapat turut ambil bagian dalam proses pengadaan secara elektronik terkait komoditi tersebut, tentunya hal ini mengingat Dompu berpontensi sebagai salah satu penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Paling penting adalah Pemerintah Kabupaten Dompu serius dan memiliki komitmen yang kuat untuk menyukseskan program 1 juta sapi dan akan menyediakan anggaran pendukung serta akan didukung oleh masrayakat dalam menerima inovasi baru seperti pengembangan sapi Brahman Cross ini. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , ,

Related For PEMDA DOMPU SIAP SAMBUT PROGRAM 1 JUTA SAPI DARI KEMENTERIAN PERTANIAN RI