PEMDA DOMPU SIAP BANTU KORBAN GEMPA LOMBOK

Monday, August 6th 2018. | BERITA

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin memimpin langsung Rapat tanggap Darurat Gempa Lombok, Senin (6/8/2018)

DOMPUKAB.GO.ID – Bencana Gempa Bumi yang menimpa masyarakat di Pulau Lombok kHususnya di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Lombok Timur dan Kota Mataram menyisakan kepedihan. Belum sembuh luka akibat goncangan dahsyat Gunung Rinjani, warga kembali merasakan gempa Magnitudo dengan kekuatan 7.0 SR, tadi malam pukul 18 : 46 Wita, Minggu (5/8/2018) dan berpotensi terjadi Tsunami walau kembali dicabut beberapa menit kemudian.

                Sebagai bentuk rasa solidaritas dan kepedulian sesama warga Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin memimpin langsung rapat Tanggap Darurat yang dihadiri Sekretaris Daerah, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta seluruh pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Dompu di ruang rapatnya, Senin (6/8/2018).

                Pada rapat tersebut, H. Bambang menginstruksikan agar seluruh perangkat pemerintah daerah untuk peka dan peduli terhadap para korban. “Gempa yang menimpa warga di pulau lombok telah memberi dampak yang luar biasa, untuk itu kita wajib memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak gempa, khususnya di KLU” ujarnya.

                Bencana gempa berbeda dengan bencana banjir sehingga untuk ketersediaan makanan masih bisa di manfaatkan oleh korban gempa. “kita akan mengirimkan bantuan berupa Mie Instan, Beras, Air Mineral, Gula, Kopi dan makanan siap saji lainnya. Ini penting, karena makanan salah satu faktor menjaga eksistensi kehidupan manusia” jelas HBY.

                Selain makanan siap saji, akan dikirim juga kebutuhan lainnya seperti selimut, pakaian layak pakai, tarpal, dan obat-obatan beserta tenaga medis.

                Untuk memonitor suplai makanan di daerah terdampak gempa, Pemda Dompu juga berencana mengirim Tim  Tagana Dinas Sosial bersama Satuan Pol-PP dan BPBD sebanyak 60 orang personil yang akan bertugas membuka dapur umum dan menyiapkan makanan di lokasi bencana. “Seluruh tim yang diberangkatkan diharapkan mulai bekerja sesampainya di lokasi gempa untuk menjamin kebutuhan warga terhadap makanan selama 5-7 hari ke depan” ungkap Bupati.

                Partisipasi dalam membantu masyarakat Korban Gempa, setiap pimpinan SKPD juga turut memberikan sumbangsih secara ikhlas dan sukarela berupa uang tunai dan makanan siap olah. Begitu juga dengan kelompok masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu juga ikut bergerak menggalang solidaritas yang digaungkan melalui mesjid maupun sekolah-sekolah.

                Untuk Posko bantuan dan sumbangan dari semua pihak akan dibuka di halaman pendopo Bupati yang direncakanan akan diberangkatkan malam ini bersama Tim menuju Pulau Lombok.

                Dari pantuan di seluruh wilayah Kabupaten Dompu, sementara ini belum ada daerah yang terdampak gempa secara signifikan. Seluruh aktivitas masih berjalan normal seperti hari-hari biasa dan akan fokus memberi bantuan terhadap korban gempa.

                Diakhir rapat, Bupati mengingatkan kembali bahwa bantuan tulus ikhlas semua pihak akan sangat meringankan kepedihan dan menyenangkan hati warga korban gempa. “Banyak cara Allah SWT menggerakkan hati hambanya, salah satunya membantu sesama. Manusia yang paling baik adalah yang bermanfaaat bagi orang lain,” ungkap HBY. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , , , , ,

Related For PEMDA DOMPU SIAP BANTU KORBAN GEMPA LOMBOK