PEMBUKAAN STQ KE –XXV TINGKAT KABUPATEN DOMPU

Tuesday, May 8th 2018. | BERITA
STQ, MTQ

Lokasi Pembukaan STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu, bertempat di Lapangan Bola Desa Adu, Kecamatan Hu’u, Senin (7/5/2018)

DOMPUKAB.GO.ID – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu digelar di Lapangan Bola Desa Adu Kecamatan Hu’u Senin (7/5/2018) diawali dengan pelaksanaan pawai ta’aruf pada sore hari diikuti oleh 79 kafilah dari 8 kecamatan se Kabupaten Dompu dan Kecamatan Manggelewa mengirim kafilah terbanyak sejumlah 13 kafilah.

Para kafilah melakukan pawai ta’aruf dari Lapangan Bola Desa Sawe menuju arena STQ di Lapangan Bola Desa Adu. Masing-masing kafilah melambaikan tangan pada pejabat yang menyaksikan dari atas panggung utama yaitu Asisten Pemerintahan dan Aparatur, Drs. H. Sudirman Hamid, M. Si, Kepala Kementrian Agama dan Kabag Kesra Setda Kab. Dompu. Pawai ini turut disemarakkan oleh marching band dari Korsik Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dan diikuti pula oleh rombongan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu.

Ada yang berbeda dari pembukaan STQ tahun ini karena menghadirkan 3 (Tiga) orang Qori Nasional dan Internasional yang melakukan Haflah ayat suci Al Qur’an di awal acara yakni Lalu Muh. Khairurazak Al Hafizi dengan prestasi Juara I Musabaqah Hifzil Qur’an Tingkat Asia Pasifik tahun 2015, Juara I MHQ Golongan 10 Juz MTQ Nasional Tahun 2016 di Mataram, mewakili Indonesia pada Musabaqah Hifzil Qur’an Tingkat Dunia di Masjidil Haram dan mendapat Juara VII dari 186 negara peserta.

Sedangkan Qori Syamsuri Firdaus pernah meraih juara I pada MTQ Tingkat Nasional Tahun 2012 di Ambon dan Juara I MTQ Tingkat Pelajar SMA se Indonesia Tahun 2016 di Palembang. Qori yang ke 3 yaitu Adnan Tumangger dngan prestasi Juara I MTQ tingkat Nasional Tahun 2016 di Kepulauan Riau, Batam.

Sebelum membuka secara resmi acara STQ, Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, melantik Ketua, Sekretaris dan Anggota Dewan Hakam selaku juri yang akan memberi penilaian pada peserta selama lomba berlangsung.

            Dalam sambutannya, Bambang mengucapkan terima kasih kepada Camat Hu’u dan Kepala Desa Adu selaku tuan rumah pelaksanaan STQ ke XXV, meskipun belum lama menjabat tapi berhasil mengelola dan menyiapkan kegiatan skala kabupaten didukung pula oleh masyarakat setempat yang masih menerapkan semangat gotong royong.

Melalui kegiatan ini, Bambang berharap bisa menghidupkan kembali tradisi orang tua kita jaman dulu, sholat berjamaah dan mengaji bersama sehingga mencetak generasi Qur’ani. “Semoga dengan adanya momen ini akan lahir generasi baru yang bisa membaca dan menghafal Al Qur’an dan menjadi Qori nasional dan internasional” ujarnya.

Pada acara tersebut hadir pula Anggota DPR RI, Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Anggota Forkopimda, Ketua MUI, Kepala Kemenag, Pejabat Eselon II dan III Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, para Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Dompu. Di akhir sambutannya, Bupati Dompu tak Lupa menyampaikan Permohonan maaf lahir dan batin menjelang bulan ramadhan. “semoga kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi, mari kita memasuki bulan ramadhan dengan hati yg suci dan bersih dan bersama-sama selalu menjaga kondusifitas daerah” (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , ,

Related For PEMBUKAAN STQ KE –XXV TINGKAT KABUPATEN DOMPU