PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA, HBY: IKUTI PROSEDUR UNTUK HINDARI KORUPSI

Thursday, October 4th 2018. | BERITA
Pembinaan Pengelolaan Keuangan Daerah bagi Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Ketua BPD Tingkat Kabupaten Dompu

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin sedang memberikan pembinaan terkait pengelolaan anggaran desa kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Dompu di Aula Pendopo, Kamis (4/10/2018) (Foto/Doc: Humas)

 

DOMPUKAB.GO.ID – Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, meminta kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Dompu untuk tertib dalam mengelola anggaran desa sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Hal ini disampaikan oleh H. Bambang ketika membuka acara Pembinaan Terpadu tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang dihadiri oleh Camat, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Dompu bertempat di Aula Pendopo pada Kamis (4/10/2018).

“Kegiatan ini untuk memahami proses perencanaan sebelum pencairan dana kegiatan. Jangan sampai ada masalah ke depan karena kita sebagai pengelola anggaran selalu menjadi fokus perhatian terutama oleh masyarakat umum” jelasnya.

Lebih lanjut, HBY mengingatkan bahwa mengelola dana tidak sesuai aturan dapat membuka peluang terjadinya korupsi. “Uang bisa di cari tapi harga diri tidak bisa dicari. Jika kita sudah tersangkut kasus korupsi maka anak dan keluarga kita tujuh turunan yang tidak mengerti masalah bisa menanggung malu.” harap HBY kepada seluruh undangan yang hadir.

“Maka alangkah baiknya jika kita bisa mencegah kesalahan prosedur penggunaan uang dan biarlah kasus terdahulu menjadi pengalaman bagi kita semua.” lanjutnya.

Memasuki pertengahan Semester II Tahun Anggaran 2018, HBY menuturkan bahwa Pemda sedang dalam proses finalisasi APBD Perubahan. Demikian halnya seluruh Kepala Desa diminta untuk segera menyelesaikan Anggaran Desa Tahun 2019.

“Bagi seluruh Kepala Desa segera selesaikan perencanaan anggaran desa untuk Tahun 2019 agar apa yg kita lakukan ke depan bukan hal yang tiba-tiba karena tidak ada istilah tiba-tiba terkait urusan keuangan negara melainkan telah terencana dan terprogram” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, HBY mengungkapkan momen ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh perangkat desa yang telah berkompetisi pada Pemilihan Kades lalu. “Kepada seluruh perangkat desa yang hadir di ruangan ini, saya sampaikan untuk tetap membangun kebersamaan, menyamakan persepsi, menyatukan kepentingan dengan satu tujuan yaitu melayani masyarakat dan memperbaiki kehidupan masyarakat.” Pungkasnya disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta pembinaan.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), H. Supardi, S. Sos, sebagai OPD penyelenggara kegiatan, menjelaskan tujuan pembinaan yakni untuk meningkatkan kualitas SDM perangkat desa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para perangkat desa lebih memahami kebijakan pemerintahan dalam tata kelola pemerintah desa, tata kelola revolusi mental, dan pelaksanaan pengelolaan keuangan desa” ujarnya.

Usai memberikan Sambutan dan pembinaan oleh Bupati Dompu, dilanjutkan penyajian materi lain dari Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) sebagai narasumber diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri Dompu, perwakilan dari Polres Dompu, Perwakilan dari Kodim 1614 Dompu serta Inspektur Inspektorat Kabupaten DOmpu. Bertindak sebagai moderator Asisten I, Drs. H. Sudirman Hamid, M. Si dalam sesi diskusi. Acara berlangsung tertib dan aman, berakhir pada pukul 14.00 Wita. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , ,

Related For PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA, HBY: IKUTI PROSEDUR UNTUK HINDARI KORUPSI