KUNJUNGAN CBO DAYASOS, BUPATI : KAMI LEBIH TERTARIK MENGURANGI ORANG MISKIN

Tuesday, December 12th 2017. | BERITA
Pertemuan di ruang Bupati Dompu.

Pertemuan CBO Dayasos Kemensos RI dengan Bupati di ruang kerjanya. (dok: humas/dompu).

DOMPUKAB.GO.ID – Selasa (12/12/2017), Iwan Febrian Capital Building Officer Program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dari Direktorat Jendral Pemberdadyaan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi dengan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin.

Kunjungan salah seorang konsultan dari Ditjen Dayasos Kemensos RI tersebut disambut langsung Bupati di ruang kerjanya bersama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu Drs. Abdul Haris dan Trainer SLRT Kemensos Jemaah, M.Pd.

Iwan Febrian mengungkapkan, selain silaturahmi dengan Bupati kedatangannya bertujuan untuk menjelaskan pentingnya program SLRT untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengidentifikasi kebutuhan warga miskin dan rentan, berdasarkan profil basis data dan menghubungkannya dengan program-program pusat dan daerah yang sesuai dengan kebutuhan. “Ini penting dilakukan agar kita bisa mengidentifikasi kebutuhan pelayanan masyarakat miskin, baik disektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” ungkap Iwan.

Lanjutnya, aplikasi basis data SLRT juga dapat membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik, jelasnya.

Sementara itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengapresiasi program SLRT dari Kementerian Sosial dan melalui dinas tekhnis akan menyediakan data terkait jumlah penduduk miskin yang tersisa beberapa persen di daerah ini.

Namun, pada kesempatan tersebut, Bupati lebih tertarik membicarakan berbagai program dalam mengurangi orang miskin, khususnya di Dompu. “Saya tidak tertarik memberikan bantuan sosial kepada warga miskin, karena mereka akan ketergantungan, sehingga malas untuk bekerja dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi rumah tangganya,” ujar HBY (sapaan akrab Bupati, red).

Program bantuan sosial, kata Bupati juga akan menimbulkan kemiskinan yang dibuat-buat oleh masyarakat. “Nanti akan banyak warga yang mengaku miskin, padahal tidak miskin. Itu yang tidak kami inginkan dan kami lebih tertarik berbicara bagaimana mengurangi orang miskin dari pada menerima bantuan sosial,” ujar Bupati.

Cara mengurangi orang miskin di daerah, kata HBY fokus pada program pembangunan ekonomi rakyat dengan mendorong dan memotivasi masyarakat untuk bekerja dan bekerja khususnya melalui Program Prioritas Pembangunan daerah salah satunya Program TERPIJAR yang memiliki tujuan untuk menjadian Warga Dompu Mampu Membayar. “Itu solusi kami mengurangi orang kemiskinan di daerah ini,” ucapnya.

Tambahnya, kalau pemerintah baik di tingkat daerah, kecamatan dan desa/kelurahan tidak mampu mengurangi orang miskin, maka bisa dianggap gagal dalam menjalankan tugas. “Alhamdulillah, sejah 2010 kami sudah mulai bekerja untuk mengurangi orang miskin di Dompu dan Insya Allah masyarakat Dompu sangat bersemangat untuk keluar dari kemiskinan yang menjerat selama ini,” tutup Bupati. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , ,

Related For KUNJUNGAN CBO DAYASOS, BUPATI : KAMI LEBIH TERTARIK MENGURANGI ORANG MISKIN