KONFERENSI SANITASI DAN AIR MINUM DAERAH, DOMPU MENUJU UNIVERSAL AKSES 2019

Friday, October 19th 2018. | BERITA
sanitasi total berbasis masyarakat

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Dompu, Ir. H. Muh. Rasyidin Suryadi, M.Si, membuka aacara KOnferensi Sanitasi dan Air Minum Daerah Kabupaten Dompu pada Kamis, 18 Oktober 2018, yang di selenggarakan oleh HAKLI Dompu

DOMPUKAB.GO.ID – Sanitasi dan Air Minum merupakan hak dasar yang harus di penuhi oleh Pemerintah agar masyarakat bisa menikmati hidup yang lebih baik dan memberi pengaruh besar terhadap peningkatan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat.

Demikian salah satu poin penting dari isi sambutan Bupati Dompu yang di wakili Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Ir. H. Muh. Rasyidin Suryadi, M.Si ketika membuka acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Daerah Kabupaten Dompu “Dompu menuju Universal Akses 2019” yang di selenggarakan oleh Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Dompu bekerja sama dengan Plan International Kabupaten Dompu bertempat di Gedung PKK Kabupaten Dompu.

Dalam acara ini menghadirkan 3 orang narasumber dan diikuti oleh 87 orang peserta yang sebagian besar terlibat aktif dalam proses mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan merupakan anggota Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Konferensi Sanitasi dan Air Minum Daerah

Peserta Konferensi Sanitasi dan Air Minim Daerah yang terdiri dari Anggota Pokja AMPL tingkat kecamatan dan Kabupaten Dompu

Selain itu, H. Rasyidin menyampaikan bahwa penyediaan air bersih untuk Kabupaten Dompu bisa menghidupi 80 Ribu jiwa dengan aliran air 100 Liter / detik. “Daerah kita memiliki sumber air yang cukup. Tapi partisipasi masyarakat berperan penting dalam penyediaan air bersih, saya minta sumber air yang seharusnya untuk kebutuhan pokok kita jangan dulu di gunakan untuk mengairi kebutuhan lain misalnya mengairi persawahan” harapnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan kondisi sosial di tengah masyarakat turut berpengaruh terhadap layanan air bersih. “ketika terjadi gejolak sosial misalnya pertikaian antar desa seringkali perpipaan air bersih menjadi sasaran amuk warga dan itu kendala yang sering di temui di lapangan” ujarnya.

“Oleh karena itu, bukan hanya pihak pemerintah yang harus bertanggung jawab melainkan kesadaran dan kepedulian masyarakat sangat di butuhkan demi menjaga kesinambungan ketersediaan air bersih” lanjut Asisten II tersebut.

Sebelumnya, Ketua HAKLI Kabupaten Dompu, Arifuddin, SKM, menjelaskan tujuan dilaksanakan konferensi ini untuk meningkatkan komitmen semua pihak bergerak bersama mencapai akses 100% akses sanitasi dan air minum 2019 mendatang. “Saya berharap seluruh peserta tetap konsisten mewujudkan program nasional menuju Universal Akses 2019 mendatang melalui Dompu 100% akses air bersih, 0% BABS dan 100% akses rumah layak huni yang dikenal dengan 100 – 0 – 100 salah Satunya melalui program STBM dan learning event seperti ini, ” ujarnya. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , ,

Related For KONFERENSI SANITASI DAN AIR MINUM DAERAH, DOMPU MENUJU UNIVERSAL AKSES 2019