KINI, MANGGELEWA RESMI PUNYA KORAMIL SENDIRI

Tuesday, May 15th 2018. | BERITA
Danrem 162 Wira Bhakti Resmikan Koramil 06 Manggelewa

Peresmian Koramil 1614/06 Manggelewa Kabupaten Dompu oleh Danrem 162/Wira Bhakti Prov. NTN. (Dok : Humas Dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakat Kecamatan Manggelewa sepertinya akan semakin tercipta dengan baik.

Pasalnya, kecamatan yang menjadi wilayah terbesar lahan penanaman jagung di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut kini sudah memiliki Komando Rayon Milter 1614/06 Manggelewa yang akan menjadi satuan teritorial dari TNI Angkatan Darat yang langsung berhubungan dengan masyarakat sipil dan berada dibawah Komando Distrik Militer 1614 Dompu.

Koramil 1614/06 Manggelewa yang berlokasi di Desa Doro Melo tersebut diresmikan secara langsung oleh Komandan Korem 162/Wira Bhakti Provinsi NTB dan dihadiri Wakil Bupati, Dandim 1614, Kapolres, Anggota Forkompimda, kepala Kementerian Agama, Ketua MUI, Pimpinan OPD, Para Camat, Kades, Perwira, Bintara, Tamtama, Toga dan Toma, Selasa (15/5/2018).

Saat menyampaikan sambutannya, Wakil Bupati Dompu Arifuddin, SH berharap, adanya koramil akan semakin dapat menciptakan suasana nyaman dan kondusif dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan antara TNI dan mayarakat. “Semoga kinerja satuan dan personel dalam menjalankan tugas saat memberikan pelayanan kepada warga dapat menjadi panutan dan contoh yang baik,” ucap Wabub.

Dae Arif (sapaan akrabnya, red) juga berharap kepada anggota TNI dapat memperkuat jalinan kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk membangun kesadaran bernegara guna terciptanya kemanunggalan pada rakyat. “Mari kita selalu ciptakan sinergitas dengan instansi terkait dalam rangka memberdayakan potensi wilayah sehingga tercipta konduktifitas di daerah, khususnya di Kecamatan Manggelewa ini,” harapnya.

Kepada Danramil, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada pemerintah daerah dan masyarakat dalam meningkatkan lima kemampuan teritorial yakni kemampuan temu cepat lapor cepat, kemampuan menajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah dan kemampuan komunikasi sosial. “Laksanakan juga pembinaan satuan sebagai mana mestinya,” sarannya.

Atas terbentuknya Koramil Manggelewa tersebut, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Korem 162/Whira Bhakti dan Kodim 1614 Dompu. “Semoga kerja sama TNI dan masyarakat selama ini, dapat terus ditingkatkan dalam mendorong serta meningkatkan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan dari berbagai sektor. Terutama melalui partisipasi dan swadaya gotong royong dan melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD),” ungkap Wabub.

Sementara itu, Danrem 162/Wira Bhakti Kol. Inf. Farid Makruf, M.A menyampaikan terima kasih atas kondisi keamanan yang tercipta di Kabupaten Dompu. “Semoga kehadirain koramil 1614/06 Manggelewa, akan semakin menciptakan rasa aman dan nyaman bagi daerah ini. Maka saya berharap kepada masyarakat agar dapat menerima keberadaannya,” ungkap Farid.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada Pemerintah Kabupaten Dompu, khususnya Bupati atas dukungannya sehingga koramil dapat dibangun di Kecamatan Manggelewa ini. “Semoga keberadaanya dapat menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam menjaga kedaulatan wilayah dan melindungi segenap komponen bangsa,” harapnya.

Kondisi wilayah yang dinamis saat ini, diharapkan koramil dapat menyesuaikan diri dan terus mengembangkan kerja sama dengan Polsek dan masyarakat. “Pembinaan wilayah dan personil harus segera dilaksanakan dengan membangun sistem kerja, terutama bersama dengan polri,” sarannya.

Ditambahkannya, kepada seluruh anggota TNI di Kabupaten Dompu untuk dapat menjaga keharmonisan dan mempertahankan konduktifitas yang aman dan nyaman. “Mari kita lawan semua hal yang berbau terorisme dan radikalisme yang dapat membayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini (NKRI),” ajaknya.

Farid Makruf juga menghimbau agar masyarakat dapat melaporkan kepada TNI/Polri apa bila melihat dan mendengar hal-hal yang melanggar hukum dan aturan di negara ini, seperti yang berbau terorisme dan radikalisme.

Di bulan Ramahdhan ini, Danrem berharap kepada komponen masyarakat agar dapat menciptakan kedamaian dan kepada seluruh personil TNI sesegera mungkin bekerja, berbuat ikhlas demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. “Bersama Rakyat TNI kuat, bersama TNI rakyat sejahtera,” tutupnya yang dilanjutkan dengan penandatangann prasasti kemudian diakhiri dengan penanaman pohon di halaman Koramil 1614/06 Manggelewa. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , , ,

Related For KINI, MANGGELEWA RESMI PUNYA KORAMIL SENDIRI