JADIKAN MOMENTUM HARI PAHLAWAN SEBAGAI PENYEMANGAT MEMBANGUN BANGSA

Sunday, November 11th 2018. | BERITA
Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018

Suasana Pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan yang digelar oleh Pemerintah KAbupaten Dompu berlangsung Khidmat, nampak Sekda Dompu, H. Agus Bukhari, SH, M. Si bertindak sebagai Inspektur Upacara. (Foto/Doc: Humas)

DOMPUKAB.GO.ID – Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Kota Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Prosesi peringatan Hari PahLawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik telah dilaksanakan pula oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang jatuh tepat pada hari Sabtu, 10 November 2018.

Upacara yang berlangsung di Lapangan Beringin Paruga Parenta dihadiri oleh jajaran FORKOPIMDA .Ketua TP PKK dan Ketua Organisasi Wanita lainnya,  Anggota Veteran, Pejabat Eselon II, III, IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu serta seluruh ASN, organisasi pemuda dan para pelajar hadir menyemarakkan.

upacara 2018

Dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2018, Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, H. Agus Bukhari, SH, M. Si, bertindak sebagai Inspektur upacara, menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan sebAgai prosesi namun substansi. Setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa setiap peringatan hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan yang mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

veteran dompu hari pahlawan 2018

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini pula Menteri Sosial menghimbau untuk tetap berbuat yang terbaik bagi bangsa Indonesia. “Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara” pungkas Sekda mengakhiri amanat menteri.

Di akhir upacara, Sekda berkenan menyerahkan  sejumlah penghargaan diantaranya  kepada veteran dan janda veteran, para juara karang taruna serta Sertifkat Penghargaan kepada OPD dan Inovator berkomitmen tinggi pada Program Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi. Untuk penghargaan Inovasi, sebelumnya telah diterima secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan dan Aparatur dan di serahkan oleh LAN RI pada acara penutupan Akselerasi Tata Kelola Pemerintahan pada tanggal 9 Nopember lalu.

penghargaan LAN RI atas inovasi

Upacara berlangsung khidmat dan tertib hingga akhir pelaksanaan meskipun para peserta dan petugas upacara melaksanakan kewajiban di bawah terik matahari tapi tidak menyurutkan semangat nasionalisme selaras dengan momentum refleksi perjuangan para pahlawan terdahulu. (HUMAS)

 

 

 

 

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , ,

Related For JADIKAN MOMENTUM HARI PAHLAWAN SEBAGAI PENYEMANGAT MEMBANGUN BANGSA