INPOUNDING BENDUNGAN MILA, BUPATI : TERIMA KASIH BAPAK PRESIDEN JOKOWI

Thursday, January 17th 2019. | BERITA

DOMPUKAB.GO.ID – Selama ini, tanaman jagung yang menjadi Program Utama Pemerintah Kabupaten Dompu ditanam satu kali setahun itu pun di tanama pada musim penghujan.

Namun, semuanya akan segera berakhir. Pasalnya, Kabupaten Dompu telah memiliki bendungan skala besar yakni Bendungan Tanju yang pada tahun 2018 lalu telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Setelah Bendungan Tanju, daerah yang bermottokan “Bumi Nggahi Rawi Pahu” juga memiliki Bendungan Mila yang akan segera beroperasi dan dipastikan akan memenuhi kebutuhan pasokan air pertanian masyarakat, sehingga menambah produktifitas pertanian.

Selain itu, mulai tahun 2019, di Kabupaten Dompu akan dilanjutkan program Bendungan RBK dan Proyek Katua Komplek yang ada di wilayah Timur Kecamatan Dompu.

Atas dibangunnya Bendungan Tanju dan Bendungan Mila, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengucap syukur kepada Allah SWT atas segala karunia nikmat yang diberikan selama ini.

Bupati Dompu menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri PU-PR RI diwakili Dirjen Sumber Daya Air pada kegiatan Inpounding Bendungan Mila, Kamis (17/01/2019).
Bupati Dompu menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri PU-PR RI diwakili Dirjen Sumber Daya Air pada kegiatan Inpounding Bendungan Mila, Kamis (17/01/2019).

“Bagi kami warga masyarakat Dompu, keberadaan Proyek Raba Baka Komplek (RBK) seperti satu mimpi yang benar benar telah menjadi kenyataan,” ungkap Bupati saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan pengisian awal Waduk (Inpounding) di So Ncando oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diwakili Direktur Jendral Sumber Daya Air, Kamis (17/01/19).

Bupati menambahkan, pembangunan bendungan Tanju dan Mila memberi solusi terhadap kebutuhan air, khususnya di sektor pertanian dan upaya pengurangan resiko banjir untuk wilayah Kecamatan Woja dan pada sisi yang lain menghadirkan tantangan dan peluang baru untuk pemanfaatannya. “Ini juga bisa untuk irigasi air bersih dan pariwisata serta untuk perikanan air tawar,” katanya.

Bupati menambahkan, kondisi geografis wilayah Kabupaten Dompu yang lebih banyak daerah perbukitan memang harus disiasati dengan infrastruktur yang dapat mengendalikan dan menyimpan air untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. “Walau kondisi tanah Dompu yang berbukit dan berbatu. Tetapi kita telah menunjukkan semangat dan peran yang luar biasa untuk maju dan berkembang seperti daerah lain di Indonesia,” kata HBY (panggilan akrab Bupati, red).

Bupati Dompu bersama Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU-PR, Dandim 1614 dan Kapolres Dompu meninjau sejumlah sudut Bendungan Mila.
Bupati Dompu bersama Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU-PR, Dandim 1614 dan Kapolres Dompu meninjau sejumlah sudut Bendungan Mila.

Tidak henti-hentinya Bupati menyampaikan ucapan rasa syukur, lantaran Dompu mendapatkan 4 bendungan dibawah RBK yang pertama Bendungan Raba Baka yang tahun lalu pernah jebol karena usia, sekarang telah dibangun bendungan pengganti yang kapasitasnya jauh lebih besar. Kemudian bendungan Interbansi Ncando, Bendungan Tanju dan Mila.

Atas sejumlah pembangunan infrastruktur tersebut, mewakili seluruh lapisan masyarakat dan jajaran Pemda Dompu, H. Bambang menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Ir. H. Jokowidodo.

Ucapan terima kasih khusus juga disampaikan Bupati kepada Kementerian PU-PR terutama kepada BWS Wilayah I Nusa Tenggara, Gubernur NTB beserta jajarannya, TP4D Kejaksaan Tinggi NTB, Forkompimda Dompu, Dandim, Kapolres, Wakil Bupati, DPRD dan seluruh pimpinan OPD terkait serta Nindya Karya dan Hutama Karya.

“Kita telah menunjukkan bahwa dengan bekerja bersama-sama dan bersama-sama kita bekerja ternyata apapun tantangannya bisa kita selesaikan dengan baik,” ucap Bupati.

Atas kerjasama sejumlah pihak yang terlibat dalam pembangunan RBK tersebut, Bupati mendoakan semoga akan menjadi amal jariah selama air mengalir untuk warga, pertanian dan untuk irigasi. “Terutama untuk orang mengambil air wudhu, selama itulah pahala untuk kita semua akan mengalir,” ucap H. Bambang. HUMAS

Share and Enjoy

ntb dompu hut 60

Related For INPOUNDING BENDUNGAN MILA, BUPATI : TERIMA KASIH BAPAK PRESIDEN JOKOWI