INI RENCANA KEGIATAN H-1 IDUL FITRI 1439 H

Thursday, June 7th 2018. | BERITA
gelar pasukan dan rapat

Gelar pasukan TNI/Polri, Perhubungan dan Pol.PP dan Rapat Persiapan jelang Idul Fitri 1439 H Tahun 2018. (Dok : Humas Dompu).

DOMPUKAB.GO.ID – Menyukseskan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah tahun 2018 di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Pemerintah Kabupaten Dompu mengadakan rapat persiapan yang dipimpim Sekda Dompu dan dihadiri Kapolres Dompu didampingi Kabag Ops, Kepala Kementerian Agama, Asisten Pembangunan dan Kesra, Unsur TNI dan Kepala Dinas Instansi terkati dan pejabat Lingkup Pemda Dompu, Kamis (7/5/2018).

Rapat yang dilaksanakan di ruang kerja Sekda tersebut, menghasilkan beberapa kesimpulan, bahwa untuk memeriahkan malam Idul Fitri Pemda Dompu akan mengadakan kegiatan Takbir Keliling sebagai bentuk siar Islam dilingkungan masyarakat dan akan dilombakan menggunakan Roda Empat (roda dua tidak diikutsertakan, red).

Lomba Takbir dibagi dalam dua kategori yakni kategori Dinas/Instansi dan Kategori Desa/Kelurahan serta Ormas Islam dengan indikator penilaian terdiri dari Keindahan yang bernuansa Islam (minimal ada Beduk), memiliki 5 orang personil yang mengumandangkan Takbir, Tahmid dan Tahlil (tidak boleh menggunakan kaset/rekaman) serta dapat menampilkan Budaya Dompu yang Islami dan tidak diperbolehkan membawa atribut partai maupun spanduk atau baliho Pasangan Calon Kepala Daerah Gubernur maupun Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sepertinya penilaian Lomba Takbir Idul Fitri 1439 H akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena penilaiannya akan lebih objektif oleh para juri yang betul-betul sesuai dengan tingkat keahliannya, seperti Keindahan/seni dipilih dari Dinas Pariwisata dan Pekerjaan Umum (PU) dan kekompakan serta kemerduan lantunan Solawat akan dipilih juri dari Kementerian Agama yang ditetapkan pada pukul 17.00 wita sebelum pelaksanaan.

Untuk Titik Star masih di depan Pandopo Bupati, sedangkan untuk Rute Takbir akan ditentukan H-1 yang terlebih dahulu disurvey oleh Polres Dompu melalui Kabag Ops bersama Dinas Perhubungan dan Pol.PP.

Rute yang diambil mengutamakan kenyamanan masyarakat dengan menghindari tempat-tempat keramaian yang dapat mengganggu aktifitas warga seperti di pusat perbelanjaan.

Untuk Lokasi Sholat Idul Fitri akan dilaksanakan di Lapangan Kantor Pemda Dompu ‘Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu’ yang dilengkapi dengan fasilitas pengambilan air wudhu yang berada di sudut kantor Pengadilan Negeri dan Taman Kota.

Pada puncak pelaksanaan Sholat yang akan bertindak menjadi Khotib yakni Kepala Kementerian Agama Dompu Drs. H. Syamsul Ilyas, M.Si dan Imam H. Rifaid M. Saleh.

Kepada masyarakat Kelurahan Potu, Dorotangga, Karijawa dan Kelurahan Bali Satu diharapkan untuk sholat bersama di kantor Pemda Dompu.

“Semoga apa yang direncanakan dapat berjalan dengan aman lancar dan semoga apa yang kita kerjakan dapat bernilai ibadah dimata Allah SWT. Amin,” ungkap Sekda Dompu H. Agus Bukhari, SH, M.SI saat menutup rapat. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , ,

Related For INI RENCANA KEGIATAN H-1 IDUL FITRI 1439 H