INI CARA BUPATI MEMPERBAIKI HMT DI DORO NCANGA

Tuesday, April 18th 2017. | BERITA
bupati dan kepala dinas

Bupati tengah berbincang dengan Kadis PU dan Kadis Peternakan. Di bagian bawah skema pemasangan pipa air. (foto:humasdompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Dalam mendukung pengembangan peternakan rakyat di padang savana Doro Ncanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Pemerintah daerah terus melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan menyediakan ketersediaan pakan ternak. Untuk menyediakan pakan ternak, Pemda akan memperbaiki lahan Hijau Makanan Ternak (HMT) yang telah ada di wilayah tersebut.

Perbaikan yang akan dilakukan adalah dengan mengoptimalkan sistem pengairan dengan cara, air yang bersumber dari bak-bak penampungan akan dialiri menggunakan pipa/selang yang digantung di atas pohon maupun disanggah menggunakan tiang dan diujung pipa akan dipasang kerang Sprinkler yang bisa berputar, sehingga dapat menjangkau seluruh bagian tumbuhan HMT.

Untuk mengoptimalkan rencana pemasangan pipa tersebut, Selasa (18/4/2017) Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin didampingi Kepala Dinas PU Ir. Abdul Muis, M.Si dan Kepala Dinas Peternakan Drs. H. Gazia Mansyuri, M.Si meninjau secara langsung titik-titik lokasi pemasangan pipa-pipa tersebut.

Saat meninjau lokasi, Bupati mengatakan HMT tidak dapat tumbuh dengan baik selama ini, dikarenakan sistem pengairan yang salah. Lantaran, pipa ditanam dibawah tanah yang dapat diinjak oleh hewan ternak, sehingga rusak. “Ini yang akan diperbai dengan menggantung pipa di atas pohon maupun menggunakan tiang penyanggah mulai dari sumber air sampai ke titik-titik HMT,” ujar H. Bambang.

Bupati menambahkan, jika sistem pengairan terpasang maka kebutuhan pakan ternak, khusus di musim kemarau dapat diatasi. “Insa Allah pakan ternak di padang savana ini akan terpenuhi, tidak hanya dari HMT tapi ada juga dari limbah daun dan ampas tebu,” kata Bupati.

“Mudah-mudahan ketersediaan pakan ternak ini dapat memenuhi giji dan nutrisi hewan ternak sehingga menghasilkan ternak dengan kualitas daging yang baik dan populasi ternak dapat berkembang pesat,” kata H. Bambang.

Saat memantau titik-titik lokasi rencana pemasangan pipa tersebut, Bupati mengharapkan kepada masyarakat, khususnya para peternak untuk dapat menjaga fasilitas yang dibangun nanti. “Mari kita menjaga semua fasilitas yang ada untuk kesejahteraan kita bersama menuju Dompu yang maju sejahtera dan religius,” harapnya. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , ,

Related For INI CARA BUPATI MEMPERBAIKI HMT DI DORO NCANGA