HUT KE 203, KABUPATEN DOMPU DAPAT KADO ISTIMEWA

Monday, April 16th 2018. | BERITA
penghargaan Kabupaten paling Akseleratif penurunan angka kemiskinan 2018

Penghargaan dari Gubernur NTB untuk Kabupaten Dompu sebagai Kabupaten paling Akseleratif penurunan angka kemiskinan 2018. (Dok : Humas Dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Tepat pada saat perayaan Hari Ulang Tahun Dompu ke 203 Tahun 11 April 1815- 11 April 2018 yang berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Dompu ‘Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu’, Senin (16/4/2018).

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat DR. TGH. Zainul Majdi, M.A memberikan kado istimewa kepada Pemerintah Kabupaten Dompu berupa penghargaan atas pencapaian Indikator strategi Pembangunan Daerah tahun 2013-2018 yang berkaitan dengan masalah kemiskinan.

Penghargaan dari Gubernur tersebut diberikan kepada Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin yang diwakili Sekda Dompu H. Agus Bukari, SH. M.Si pada saat pelaksanaan Musrenbang terakhir Periode RPJMD Tingkat Provinsi NTB di Mataram.

Penghargaan pencapaian indikator strategis yang berkaitan dengan masalah kemiskinan diberikan, karena Kabupaten Dompu merupakan salah satu kabupaten yang sangat akseleratif dalam menurunkan angka kemiskinan.

Dalam kurun waktu 2013 sampai dengan 2017 ada 2 daerah yang Paling Progresif dalam menurunkan angka kemiskinan yaitu Kabupaten Dompu dan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Hanya saja, penurunan angka kemiskinan di KLU berangkat dari angka 35 persen. Sementara Kabupaten Dompu berangkat dari angka yang relatif sudah kecil yaitu 15 persen, sehingga dalam teori penurunan angka kemiskinan tersebut sudah relatif sulit.

Namun yang terjadi di Kabupaten Dompu tetap Akseleratif dibanding kabupaten lain dalam menurunkan kemiskinan dan merujuk pada data tahun 2017, Kabupaten Dompu merupakan kabupaten yang paling rendah persentase penduduk miskin di NTB.

Dalam teori kemiskinan menyebutkan bahwa menurunkan angka kemiskinan di pedesaan jauh lebih sulit dari di perkotaan, sehingga ketika Dompu angkanya relatif tidak beda jauh dengan Kota Bima dan Mataram yang menjadikan penurunan angka kemiskinan di Dompu merupakan sesuatu hal yang luar biasa.

Secara keseluruhan, kabupaten/kota di NTB penduduk miskin Kabupaten Dompu berada di urutan 3 terendah setelah Kota Bima dan Kota Mataram.

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Dompu mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten yang sangat akseleratif dalam menurunkan angka kemiskinan tersebut, berkat Program Unggulan TERPIJAR yang sudah terbukti selama 7 tahun mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat yang berdampak pada penurunan angka kemiskinanan di tahun 2017 menyisahkan angka 13,43 persen dari tahun 2010 sebesar 19,90 persen.

Tidak hanya pada penurunan angka kemiskinan, melalui program Terpijar juga terjadi peningkatan daya beli masyarakat, terjadi pertumbuhan pendapatan perkapita yang cukup baik, sehingga masyarakat Dompu mampu membayar, serta tersedia lapangan kerja yang potensial, terjadi peningkatan laju investasi dan berdampak pada peningkatan di bidang kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , ,

Related For HUT KE 203, KABUPATEN DOMPU DAPAT KADO ISTIMEWA