HUT BHAYANGKARA KE-73 Tahun 2019

Wednesday, July 10th 2019. | BERITA

Sejarah Kemerdekaan dibentuk secara resmi pada tanggal 19 Agustus 1945, serta terdapat proklamasi Polisi oleh Inspektur Kelas 1 atau Letnan 1 Polisi Ahmad Yasin, Komandan Polisi Surabaya pada tgl 21 Agustus 1945. Dan Ketetapan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 11/SD/1946 yang ditanda tangani oleh Presiden Soekarno dan Menteri Dalam Negeri Sudarsono tanggal 24 Juni 1946, menyebutkan bahwa pada tanggal 1 Juli 1946 BKN (Badan Kepolisian Negara) berada dalam kementerian dalam negeri. Sehingga pada tanggal 1 Juli diperingati sebagai hari Kepolisian Nasional atau hari Bhanyangkara, serta pada tanggal itu pula menjadi hari jadi Kepolisian untuk tahun-tahun berikutnya.

Berdasarkan ketetapan tersebut, Polisi Resor Dompu menyelenggarakan acara upacara dan syukuran dalam rangka memperingati hari jadi Bhayangkara yang Ke-73 Tahun 2019 di lapangan Beringin pada Rabu, 10 Juli 2019. Acara yang dimulai sejak pukul 7.30 WITA ini dihadiri oleh anggota DPRD, Para Pejabat Lingkup Pemda Kab. Dompu, pejabat dan anggotaTNI & POLRI, anggota Polisi Pamong Praja, Tim SAR, Dinas Perhubungan, anggota Pramuka, tokoh agama serta tokoh masyarakat yang berada di Kab. Dompu.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Dalam naskah tersebut Presiden atas nama negara, pemerintah serta pribadi menyampaikan selamat hari Bhayangkara ke -73 kepada seluruh anggota POLRI di manapun bertugas.

Sepanjang 73 tahun POLRI telah memberikan sumbangsih dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, serta perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat. Situasi keamanan sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik dan itu berkat kerja keras, pengorbanan, perjuangan dan pengabdian yang ditunjukan personil POLRI.”, ujarnya.

Beliau juga mengapresiasi penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berjalan aman, damai berkat kerja sama semua pihak. Beliau juga berpesan kepada seluruh personil POLRI dan TNI agar bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi ASN yang berasa di Kab. Dompu untuk meningkatkan kinerja serta memberikan pelayanan terbaik pada seluruh lapisan masyarakat.

Banyak kejahatan konvensional, perdagangan manusia, konflik sosial, unjuk rasa yang anarkis dan kejahatan yang diselamatkan oleh POLRI, anggota Kepolisian juga berhasil menyelamatkan Keuangan Negara dari kejahatan korupsi sebesar 2,9 Triliun dan meningkatkan keuangan negara sebesar 2,3 Triliun dan selama 6 Tahun berturut-turut laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) POLRI juga meningkat.
POLRI menjadi lembaga yg dipercaya setelah KPK dalam penangganan kasus.

Kita juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir POLRI, mulai dari keberhasilan dalam menangani terorisme, narkoba, kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, berbagai agenda nasional maupun internasional telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah, masyarakat dan dunia internasional.
Namun demikian Presiden mengharapkan peringatan hari Bhayangkara ini bukan sekedar perayaan akan tetapi dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan diri guna optimalisasi tugas dan fungsi POLRI khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah melangsungkan upacara, acara dilanjutkan dengan makan bersama di Aula Pendopo Bupati Dompu. Suasana kekeluargaan begitu terlihat dalam ruangan tempat acara syukuran berlangsung. Para tamu undangan berbincang santai dan sembari menikmati sajian yang disiapkan panitia acara.

ntb dompu hut 60

Related For HUT BHAYANGKARA KE-73 Tahun 2019