HARI SUMPAH PEMUDA, BUPATI : TELADANI TOKOH PEMUDA 1928

Monday, October 29th 2018. | BERITA

peringatan sumpah pemuda ke-90 kabupaten dompu

Suasana Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 berlangsung khidmat, dipimpin langsung oleh Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, Senin (29/10/2018) (Foto/Doc. Humas)

DOMPUKAB.GO.ID – Pemuda merupakan generasi yang sangat berpengaruh dalam proses pembangunan Bangsa Indonesia. Pemuda selalu menjadi harapan bangsa untuk mengembangkan ide – ide ataupun gagasan yang berilmu, berwawasan serta berdasarkan nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Pemuda harus lebih berpikir secara rasional jauh kedepan dan tidak asal dalam bertindak maupun melakukan sesuatu, tetapi harus mampu merumuskannya secara matang dan memikirkan kembali dengan melihat dampak-dampak yang akan terjadi.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Dompu ‘Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu’, Senin (29/10/2018) . Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin melalui sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi mengajak kepada seluruh pemuda Indonesia untuk meneladani tokoh Pemuda di Tahun 1928 yang menjadi pelopor membangun bangsa dan menyatukan Indonesia.

“Kita berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” ungkapnya.

Di Hari sumpah pemuda yang mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Kata Bupati diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, lanjutnya, ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara, ” tuturnya.

Revolusi mental yang dicanangkan Bapak Presiden Ir Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. “Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat, ” ujarnya.

Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di Kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games para atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5, tutup Bupati.

Dari pantuan langsung, kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober tersebut berlajan dengan aman tertib dan hikmad yang dihadiri Wakil Bupati, Ketua dan Anggota DPRD, Forkopimda, TNI/Polri, Ketua dan Pengurus KNPI, Tokoh Agama dan Masyarakat, Organisasi Wanita, Pelajar dan insan Pers serta para undangan lainya.

Usai kegiatan diumumkan para pemenang Lomba Pidato tingkat Pelajar SLTA sederajat dengan Tema “Melalui Hari Sumpah Pemuda ke-90 Kita Wujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi” yang diadakan pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , ,

Related For HARI SUMPAH PEMUDA, BUPATI : TELADANI TOKOH PEMUDA 1928