HARI ANAK NASIONAL, WAKIL BUPATI : JADIKAN ANAK DOMPU GENERASI GENIUS, BERIMAN DAN BERILMU

Wednesday, August 8th 2018. | BERITA
Peringatan Hari Anak Nasional 2018 Tingkat Kabupaten Dompu

Kemeriahan peringatan Hari Anak Nasional 2018 Tingkat Kabupaten Dompu di Gedung Pasaka Dompu, Rabu 8/8/2018. (Dok : Humas Dompu)

DOMPUKAB. GO.ID – Anak merupakan harapan masa depan bangsa dan penerus cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia. Maka, tuntun dan bimbing meraka agar kelak tumbuh menjadi anak-anak yang Genius, beriman, berakhlak mulia, cerdas dan ceria serta memiliki masa depan yang baik dan cerah, ungkap Wakil Bupati Dompu Arifuddin, SH saat menyampaikan sambutannya pada acara peringatan hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu di Gedung Paruga Samakai (Pasaka) Dompu, Rabu (8/8/2018).

Arifuddin juga mengharapkan pada peringatan HAN ini, anak-anak Indonesia di Kabupaten Dompu semakin rajin menuntut ilmu, giat berolahraga, kreatif dalam karya seni, dan lebih berbakti kepada kedua orang tua, harapnya.

Menjadikan generasi Dompu yang Genius, Beriman dan Berilmu, sangat diperlukan peran serta seluruh elemen, khususnya di lingkungan keluarga dan masyarakat untuk dapat menciptakan rasa cinta, peduli, dan ramah pada anak. “Cinta kasih, keramahan, dan kepedulian harus dimulai dari kehidupan keluarga yang harmonis,” kata Wabub.

Dae Arif sapaan akrabnya, juga mengharapkan agar dapat meningkatkan kepedulian pada pemenuhan empat hak pokok bagi anak-anak yakni hak perawatan dan pengasuhan, hak kesehatan, hak pendidikan dan rekreasi serta hak perlindungan dari kekerasan, eksploitasi maupun diskriminasi yang sejalan dengan amanat konstitusi, UUD 1945. “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” katanya.

Meningkatkan kualitas pengasuhan bagi anak, pemerintah daerah telah berupaya mengembangkan Kabupaten Dompu Layak Anak, memperluas akses pendidikan dengan memberikan bantuan operasional sekolah dan bantuan siswa miskin, memperbaiki status kesehatan anak serta memberikan dukungan dan fasilitasi pada program inovatif yang dapat meningkatkan kecerdasan, kebugaran, keamanan dan kesejahteraan anak.

“Mari kita terus memenuhi hak-hak mereka dengan cara merawat dan mengasuh dengan penuh kasih sayang dan penuh tanggung jawab agar mereka tumbuh menjadi generasi yang geneius, cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun, dan berakhlak mulia,” sarannya.

Selain itu, Dae Arif mengharapkan agar dapat memberikan gizi yang cukup dan seimbang agar fisik anak-anak tumbuh sehat dan kuat, serta memiliki mental yang tangguh. “Kepada para orang tua, saya berpesan untuk mendidik mereka agar mencintai dirinya, orang tua, keluarga, sahabat, daerah, bangsa dan negaranya, serta menghormati guru dan pemimpin-pemimpinnya. Serta berikan bimbingan terbaik kepada anak-anak kita agar dapat hidup rukun,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati kembali mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya para orang tua untuk terus berupaya memberikan perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan memperlakukan anak-anak tanpa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

“Semoga kalian menjadi manusia yang Genius berguna bagi agama, bangsa dan negara,” tutupnya sembari mengajak kepada seluruh masyarakat Dompu untuk perduli pada saudara-saudara kita di Pulau Lombok yang mengalami musibah Bencana Gempa Bumi.

Sebelumnya, Hj. Daryati Kustilawati, SE,. M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu mengatakan, peringatan hari Anak Nasional Tahun 2018 bertujuan untuk menumbuhkan keperdulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak.

Lanjutnya, serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga guna mempercepat penanaman nilai-nilai kebangsaan. “Semoga anak-anak Dompu tumbuh menjadi generasi penerus bangsa dan negara yang genius, berahlak mulia serta memiliki rasa nasionalisme, cinta tanah air, solidaritas dan mampu mewujudkan cita-citanya yang tinggi,” ungkapnya.

Dari pantauan, kegiatan tersebut berlangsung meriah yang dihadiri Anggota DPRD Dompu, perwakilan Forkompimda, para Kepala SKPD, Ketua Dharmawanita Persatuan dan ribuan anak dari sejumlah sekolah dijenjang pendidikan sederajat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Forum Anak Kabupaten Dompu masa bhakti 2018-2020 yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepahaman untuk menjadikan Anak Indonesia Anak Genius dan dimeriahkan dengan kegiatan seremonial seperti lagu Anak Indonesia, Anak Genius serta tari-tarian dan pada hari sebelumnya juga diadakan Lomba Melukis di Gedung Pemuda Dompu. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , ,

Related For HARI ANAK NASIONAL, WAKIL BUPATI : JADIKAN ANAK DOMPU GENERASI GENIUS, BERIMAN DAN BERILMU