FESTIVAL PESONA TAMBORA WONDERFUL EVENT

Monday, March 12th 2018. | BERITA, FESTIVAL PESONA TAMBORA 2018
Do : Humas Dompu

Dok : Humas Dompu

DOMPUKAB.GO.ID – Letusan Gunung Tambora pada 11 April 1815 lalu menyisahkan duka bagi tiga kerajaan yang ada disekitarnya. Namun, dari letusan yang maha dahsyat itu menciptakan kawah gunung yang mempesona dan hamparan savana yang begitu indah.

Sejarah letusan gunung yang pernah merubah iklim dunia tersebut diperingati menjadi sebuah Event Festival Pesona Tambora dan sejak digelar di tahun 2015 lalu oleh Pemerintah Kabupaten Dompu, FPT telah masuk dalam agenda Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata untuk dapat digelar ditiap tahunnya.

Tiga tahun sudah pelaksanaannya dan di tiga tahun perjalanannya, gunung tertinggi di Pulau Sumbawa ini berstatus sebagai Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT), kemudian statusnya meningkat menjadi Geopark Nasional.

Di tiap tahunnya, Event Festival Pesona Tambora selalu meriah karena dihadiri ribuan wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegara pun ikut hadir memeriahkannya.

Kemeriahannya di tiap tahun, menjadikan event ini masuk dalam daftar sebagai Wonderful Event (acara yang indah). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Barat, H. Lalu Moh. Fauzal, S. Sos, M. Si.

“Di bawah pengawasan langsung Kementrian Pariwisata. Tahun ini, FPT telah menjadi Wonderful Event yang merupakan event yang telah mengglobal, bukan lagi event lokal dan melibatkan seluruh kabupaten/kota se Pulau Sumbawa” ungkap saat menghadiri rapat pemantapan FPT 2018 di Pendopo Bupati, Senin (12/3/2018).

Untuk terus menyukseskan event ini, Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata akan mendukung pembiayaan pembangunan sarana dan prasarana di kawasan Tambora diantaranya Museum Tambora, Lapangan Sepakbola dan Homestay.

Sebagai Wonderful Event yang telah mengglobal secara otomatis pelaksanaannya turut didukung seluruh kabupaten/kota se Pulau Sumbawa yaitu Kabupaten Dompu, Kota/Kabupaten Bima, Sumawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kita harus berkomitmen secara bersama-sama untuk mensukseskan event ini dengan agenda dan ciri khas masing-masing dan tidak ada lagi saling klaim terkait kawasan Tambora karena pemerintah propinsi membuka peluang untuk semua kabupaten/kota dalam memeriahkan event meskipun puncak acara dilakukan di Kabupaten Dompu,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin menyampaikan Terima Kasih atas penghargaan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata yang telah mengikutkan FPT ke dalam Kalender Event Nasional bersama Pesona Indonesia lainya.

Dari pantauan langsung, rapat tersebut membahas pemantapan kegiatan Festival Pesona Tambora 2018 serta kegiatan pendukung oleh pemprov dan pemerintah kota/kabupaten di Pulau Sumbawa.

Rapat yang dibuka secara langsung Bupati Dompu tersebut, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata NTB beserta jajarannya dan seluruh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Organisasi Kepemudaan, Komunitas Fotografer dan seluruh Pejabat Eselon II Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , ,

Related For FESTIVAL PESONA TAMBORA WONDERFUL EVENT