Festival Pesona Tambora Kembali Dihelat di 2017

Friday, February 17th 2017. | FESTIVAL PESONA TAMBORA 2017
rapat persiapan festival pesona tambora tahun 2017

Rapat persiapan pemantapan Festival Pesona Tambora 2017. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Bupati dan Wakil Bupati dan dihadiri seluruh Kepala Dinas/Instansi. (foto:humasdompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Memperingati meletusnya Gunung Tambora pada 11 April 1815 silam, akan kembali dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. Kepastian pelaksanaan event mengenang meletusnya gunung Tambora yang telah merubah iklim dunia tersebut setelah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan rapat persiapan pemantapan penyelenggaraan Festival Pesona Tambora 2017 di Pandopo yang dipimpin langsung Bupati Dompu dan dihadiri Wakil Bupati, Dandim 1614, Kapolres, Kejari, Anggota DPRD, Sekda, Kemenag dan kepala Dinas Instansi, Jumat (17/2/2017).

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengungkapkan, FPT akan kembali dilaksanakan, karena sudah menjadi kalender tetap Nasional melalui Kementerian Pariwisata  di bawah menajemen Kabupaten Dompu. “Tahun ini harus ada hal dan ide-ide baru untuk memecahkan rekor baru dari event sebelumnya, seperti festival Katente dan Ngondo Tembe,” ungkap Bupati.

Kembali dilaksanakannya FPT di tahun 2017, kata Bupati bertujuan agar ada efek terhadap perkembangan pariwisata di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Dompu, baik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. “Tahun lalu target kunjungan 2 juta wisatawan sudah tercapai, tahun ini 4 juta dan Dompu harus ikut mensukseskan guna tercapainya target tersebut, salah satunya melalui FPT 2017 ini,” kata Bupati.

Dalam mensukseskan program tahunan Kementerian Pariwisata tersebut, pemerintah tengah fokus merancang dan melaksanakan kegiatan yang dapat melibatkan masyarakat luas dengan pendanaan yang minim.

Sementera itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu H. Ihtiar Yusuf, SH mengatakan puncak pelaksanaan Festival Pesona Tambora bertepatan dengan hari jadi Dompu yakni 11 April 2017 dan akan ada berbagai iven pendukung sebelumnya. “Lokasinya masih di Savana Gunung Tambora dan akan dilakukan dengan sesuatu hal yang berbeda dari yang terdahulu agar tetap dikenang dan dikenal orang,” ungkap Ihtiar.

Dari hasil rapat tersebut, disepakati bahwa penanggung jawab infrastruktur yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU), Urusan Lauk Pauk pada festival makan ikan dan Cera Labu yakni Dinas Kelautan dan Perikanan, festival bakar jagung tanggung jawab Dinas Pertanian dan Perkebunan, Sepeda Santai oleh Dinas Dikpora, Festival minum kopi dilakukan masing-masing Dinas, malam renungan di Savana Tambora dengan menghadirkan Ust. Arifin Ilham oleh Sekretariat Daerah, event motor trail oleh KONI, kemah bhakti pramuka dilakukan oleh Kwarcab,  diakhir kegiatan akan dihadirkan festival katente dan ngondo tembe serta materi kegiatan lainnya menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , ,

Related For Festival Pesona Tambora Kembali Dihelat di 2017