DOMPU DAERAH PROVOKASI

Tuesday, May 2nd 2017. | BERITA

Bupati saat memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional, Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI dan Pencangan Program BBGRM tahun 2017. (foto:humas/dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – KEBERHASILAN program sapi, jagung dan rumput laut telah menjadikan Kabupaten Dompu sebagai daerah yang memprovokasi daerah-daerah lain di Indonesia untuk membangun ekonomi rakyat.

”Program Sapi, Jagung dan Rumput Laut telah menjadikan Dompu salah satu daerah yang di anggap sangat berhasil memprovokasi daerah-daerah lain,” ungkap Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI yang dirangkaikan dengan pencanangan Program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat di Lapangan Beringin Dompu, Selasa (2/4/2017).

Terkait dengan peringatan hari otonomi daerah, Bupati mengungkapkan, bahwa Negara Indonesia sudah mengalami kemajuan yang luar biasa, karena pemerintah dan kepala daerah di masing-masing wilayahnya diberi ruang dan kewenangan untuk melakukan hal-hal yang dianggap sesuai dengan kondisi dan fakta yang ada di daerahnya.

Setelah diberikan ruang dan kewenangan, pemerintah daerah mampu melakukan berbagai kemajuan dan inovasi yang luar biasa dalam membangun wilayahnya. Alhasil, sekarang sesuatu yang lajim didengar ada kepala daerah dengan prestasi-prestasi yang membanggakan.

“Ada Bupati, Wali Kota dan Gubernur dengan kebijakan yang sifatnya khusus untuk daerah dan dengan kebijakan itu daerahnya mencapai inovasi kemajuan-kemajuan yang luar biasa dengan tetap merujuk pada aturan-aturan yang berlaku,” ungkap Bupati.

Seperti di Kabupaten Dompu, melalui program Sapi Jagung dan Rumput Laut telah menjadikan Dompu salah satu daerah yang di anggap sangat berhasil memprovokasi daerah-daerah lain. “Fakta keberhasilan itu (program Pemda Dompu, red), Dompu telah berkontribusi positif membantu negara secara bertahap menurunkan volume impor jagung dan pemerintah pusat sekarang sudah mengambil kebijakan untuk menghentikan Impor Jagung,” ujar Bupati.

Selain berkontribusi menurunkan volume impor jagung, daerah yang bermottokan Bumi Nggahi Rawi Pahu juga berkontribusi kepada negara terhadap impor Gula. “Kita (Dompu, red) juga berkontribusi terhadap penurunan volume impor gula secara Nasional,” beber Bupati.

Keberhasilan yang diraih tersebut, merupakan hasil dari kebijkan-kebijakan yang secara spesial diambil oleh kepala daerah dalam masa otonomi daerah yang telah berlaku selama 21 tahun di Indonesia.

Di Kabupaten Dompu, beberapa kebijakan spesial melalui program unggulan daerah, telah membawa Kabupaten Dompu dan Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin untuk menerima berbagai penghargaan dan terakhir pernghargaan Outstanding Regional Agricultural Industry and Stok Breeding di Bali tanggal 28 April 2017.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk keberhasilan pemerintah daerah yang dianggap melampaui inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kepala daerah lain, sehingga diberi penghargaan sebagai daerah yang mampu melakukan peningkatan volume produksi komoditas pertanian sehingga mendorong pertumbuhan industri dan di Dompu melalui program penanaman jagung.

Atas keberhasilan tersebut, Drs. H. Bambang M. Yasin juga dianugrahi sebagai Bupati terbaik se Indonesia bersama 7 pimpinan daerah di kabupaten di seluruh Indonesia. “Keberhasilan yang diraih ini, bertujuan untuk menyemangati Aparatur Sipil Negara dan masyarakat Dompu. Sebab, pencapaian ini tidak mungkin bisa terjadi tanpa ada kerjasama dan dukungan dari seluruh komponen di daerah,” ujar H. Bambang.

Oleh sebab itu, Bupati mengajak kepada ASN dan masyarakat untuk terus bekerja dan bekerja dalam menyukseskan program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah. “Ayo kita kerja saja dan lakukan semuanya dengan penuh keihlasan dan ketulusan. Nanti ada Allah yang akan melihat dan ada orang lain yang akan mengapresiasinya,” ajak Bupati.

Selain itu, Bupati yang dijuluki Profesor Jagung ini juga akan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kepala daerah yang berhasil mendorong pertumbuhan industri perbenihan di Indonesia bersama tiga gubernur lainya, yakni NTB, Jawa Barat, Jawa Timur dan empat Bupati pada Mei 2017. “Penghargaan itu akan diberikan kepada tujuh orang yang berhasil di sektor pertanian,” bebernya.

Jagung juga telah menjadikan Bupati sebagai pembicara yang handal diberbagai kegiatan, salah satunya menjadi pembicara pada seminar nasional tentang pangan di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). “Mari pada era otonomi daerah sekarang ini, kita terus tingkatkan kerja sama yang baik, supaya bisa kita pastikan masyarakat tidak akan kelaparan di daerah ini dan negara ini,” ajak Bupati. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , ,

Related For DOMPU DAERAH PROVOKASI