DISBUDPAR DOMPU GELAR PELATIHAN PEMANDU WISATA ALAM

Tuesday, October 22nd 2019. | BERITA, PERIWISATA dan KEBUDAYAAN
Disbudpar dompu
Bapak H. Khairul Insyan, SE, MM Selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Memberi Sambutan Pelatihan Balawista, Selasa (22/10/2019).

DOMPUKAB.GO.ID – Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam (Balawista) Tahun 2019, berlangsung di Hotel Tursina Dompu, Selasa (22/10/2019).

Pelatihan Pemandu Wisata Alam (Balawista) yang di tujukan bagi pemandu wisata, penjaga pantai, serta pemiliki wisata bahari ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para peserta terkait dengan keamanan dan kenyamanan atau kecelakaan saat berwisata ditempat-tempat pariwisata, dengan menghadirkan pembicara dari Basarnas dan BPBD.

Dari laporan Ketua Panitia yang disampaikan Kabid Pengembangan dan Kelembagaan Sumber Daya Alam Hj. Sri Wahyuningsih, S.Sos mengutarakan unsur penting yang menjadi penekanan dari diadakannya kegiatan pelatihan ini.

“ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 22-23 Oktober 2019 dengan menghadirkan 40 Peserta. Hari Pertama akan membahas materi pelatihan dan hari kedua akan ada Studi Lapangan di Pantai Lakey Desa Hu’u,” ujarnya.

Bahwa dalam mengelola dan manajemen lokasi pariwisata kita memiliki acuan dan rujukan dalam pelaksanaannya, Hj, Sri menyampaikan.

“materi Pelatihan ini disusun berdasarkan petunjuk Standar Kompetensi Kerja Nasional,” tandasnya.

suasana pelatihan balawisata dompu 2019
Pelatihan Balawista Bertempat di Hotel Tursina Dompu.

Pelatihan Balawista yang dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu H. Khairul Insyan, SE, MM menyampaikan beberapa hal akan pentingnya pelatihan-pelatihan pariwisata yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan dan teknis lain pada area destinasi wisata di Kabupaten Dompu khususnya.

“kita melihat kondisi riil saat ini bahwa kita memiliki potensi alam yang layak dijual tapi ada beberapa yang belum terjamah karena keterbatasan yang kita miliki,” ungkapnya.

“untuk wisata wilayah Lombok sudah masuk kancah Internasional, namun kita masih bergerak ditempat. Kita sudah tahu pantai Lakey salah satu tempat selancar terbaik, namun kita belum mampu menjadi pelayan terbaik,” urainya.

“dalam pelayanan dalam keamanan ada standarisasi, untuk itu saya juga mengharapkan pada para peserta untuk serius mengikuti pelatihan ini,” himbau Kadis Pariwisata Dompu.

Dari catatan Tim Media Kominfo Dompu Materi Pertama Pelatihan Pemandu Wisata (Balawista) adalah “Metode Penyelamatan di Air” disampaikan oleh tim Basarnas, Muhammad Erwin. Dengan materi selamjutnya yaitu “Pengenalan Bencana Penyelamatan Wisata” disampaikan oleh Muhammad Saleh, SP, mewakili Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan diskusi dan sesi tanya jawab dari setiap materi pelatihan. (TM Kominfo)

ntb dompu hut 60
tags: , , , , ,

Related For DISBUDPAR DOMPU GELAR PELATIHAN PEMANDU WISATA ALAM