DIRJEN PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN HADIRI KONTES TERNAK SAPI DAN FESTIVAL PANGAN LOKAL (B2SA) TINGKAT KABUPATEN DOMPU TAHUN 2019

Friday, October 4th 2019. | BERITA, PERIKANAN, KELAUTAN dan PETERNAKAN
Dr. Drh. I Ketut Diarmita MP
Dirjen Perternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI
Dr. Drh. I Ketut Diarmita MP (doc: TM KOMINFO)

DOMPUKAB.GO.ID – Bertempat di lapangan Beringin kantor Bupati Dompu, Kegiatan yang dihadiri Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Bupati Dompu, para Asisten, anggota DPRD Kabupaten Dompu, Kapolres Dompu, Dandim 1614 Dompu, seluruh Pimpinan OPD lingkup Pemda Dompu, para Camat se-kabupaten Dompu, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu serta segenap pengurus, Kepala Desa serta TP PKK Desa dan masyarakat berlangsung meriah pada Kamis, (03/10/2019)

Guna mendukung dan terciptanya Menu Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu menyelenggarakan lomba berbagai macam menu makanan lokal yang diikuti oleh 17 Peserta yang mewakili TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Dompu yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA.

Sambutan Bupati Dompu
Bupati Dompu Dalam penyampaian sambutan pada Kontes Ternak Sapi Dan Festival Pangan Lokal (B2SA) Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 (03/10/2019)

Pada sisi selatan Lapangan beringin Dompu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu menghadirkan Kontes Ternak Sapi sebagai geliat program pokok TERPIJAR khususnya sapi yang juga antusias di ikuti kontestan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Dompu dengan arena utama dipusatkan pada festival pangan lokal.

ketua TP PKK Kab. Dompu
Ketua TP PKK Kab. Dompu Hj. Eri Aryani H Bambang (tengah)

Dalam sambutannya Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin menyampaikan bahwa masyarakat Dompu akan membuat tape daun jagung yang merupakan hasil fermentasi dengan molase sebagai makanan pokok ternak, “tape ini adalah makanan ternak, jadi jangan dikonsumsi oleh manusia”, ungkap bupati.

dirjen ternak dan bupati dompu
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Dr. Drh. I Ketut Diarmita MP (kiri) dan Bupati Dompu H Bambang M Yasin pada Festival Kuliner B2SA (03/10/2019)

Selanjutnya bupati juga menyampaikan bahwa pada tahun 2021 mendatang akan di bangun pelabuhan laut bertempat di Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu sebagai sarana transportasi untuk mengangkut hasil jagung, limbah jagung, bawang, kol dan hasil panen komoditi lainnya termasuk didalamnya hasil bidang peternakan.

“kita sama-sama berharap dengan hadirnya pelabuhan di Kec Kilo akan lebih mempercepat dan meningkatkan arus perputaran produksi berbagai komoditas di kabupaten Dompu,” urainya.

Dalam kesempatan yang sama Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Dr. Drh. I Ketut Diarmita MP mengajak masyarakat untuk beternak dengan modal pakan, air minum, kualitas genetik yang baik bahkan berasal dari genetik unggul (sperma unggul) dan memperhatikan kesehatannya, kemudian menjual ternaknya untuk mensejahterakan kehidupannya.

”intinya bagaimana menghasilkan ternak yang lebih berkualitas sehingga mampu menghasilkan kesejahteraan, ” tegasnya.

“begitu juga dengan petani jagung, jangan hanya menjual biji jagung saja tapi usahakan panen dan olah biji jagung tersebut menjadi makanan bernilai gizi tinggi maka keuntungannya akan lebih banyak,” imbuhnya.

Momentum lomba sapi
Momentum peninjauan Kontes Ternak Sapi (03/10/2019)

Kegiatan yang pelaksanaannya diawali dengan peninjauan arena kontes ternak sapi tersebut diakhiri dengan pengumuman para pemenang pada kedua event oleh panitia penyelenggara.

Pada Festival pangan, peringkat pertama dengan kategori Lunch Box dengan nilai 1010 diraih Peserta 05 dan pada kategori Kudapan dengan nilai 1035 diraih Peserta 01.

foto juara festival pangan
Sesi foto bersama para pemenang festival pangan B2SA (03/10/2019)

Untuk Kontes Ternak Sapi, Kategori sapi Bali pejantan juara 1 nomor peserta 007 kecamatan Kilo, kategori sapi Bali induk nomor peserta 004 dari Kecamatan Kempo, kategori Limousin jantan No peserta 004 Kecamatan Hu’u, kategori Brahman jantan No peserta 001 Kecamatan Pajo, kategori Simental jantan No Peserta 008 Kecamatan Kilo, kategori Angus jantan No peserta 003 dari Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa. (TM Kominfo)

Share and Enjoy

ntb dompu hut 60
tags: , , ,

Related For DIRJEN PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN HADIRI KONTES TERNAK SAPI DAN FESTIVAL PANGAN LOKAL (B2SA) TINGKAT KABUPATEN DOMPU TAHUN 2019