DINAS SOSIAL GELAR UPACARA PERINGATAN HARI DISABILITAS INTERNASIONAL TINGKAT KABUPATEN DOMPU

Wednesday, December 5th 2018. | BERITA

Peringatan Hari Disabilitas Internasional ke 22 TIngkat Kabupaten Dompu

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin bersama Unsur Forkopimda, dan Kepala Dinas Sosial berpose bersama para penyandang Disabilitas usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Disabilitas Internasional ke 22 tingkat Kabupaten Dompu, pada Rabu (5/12) (Foto/Doc:Humas)

DOMPUKAB.GO.ID – Pelaksanaan peringatan Hari disabilitas Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember merupakan bagian integral dalam mengimplementasikan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan UU No. 8 Tahun 2016 tentang penyandang cacat dan telah mengalami perubahan paradigma yang cukup signifikan, jika dahulu penyadang disabilitas dianggap sebagai seseorang yang harus dikasihani, sekarang penyandang disabilitas memiliki hak dan kesempatan yang sama sebagi warga negara.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional ke -22 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Sosial untuk tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu (5/12) bertempat di halaman Kantor Dinas Sosial. “Pelaksanaan upacara mundur 2 hari dari tanggal 3 Desember dikarenakan  penyesuaian dengan  padatnya jadwal kegiatan pemerintahan di akhir tahun.” Jelas Ir. H. Fakhrurrazi, menjabat Kepala Dinas Sosial.

Mewakili Bupati Dompu, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Asisten Pemerintahan dan Aparatur Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Drs. H. Sudirman Hamid, M. Si, dalam sambutannya menyampaikan tema nasional Hari Disabilitas Internasional kali ini adalah “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”.

“Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo akan melaunching 8 rancangan peraturan pemerintah disabilitas dan selanjutnya kita susun peraturan daerahnya” jelasnya.

Lanjutnya, “Dalam rancangan ini memuat aturan dan mekanisme penyandang disabilitas yang mengandung makna kesetaraan sehingga mereka menjadi agen perubahan melalui penghilang hambatan dan kesempatan pemersatu untuk berpartisipasi”

Menjadi satu hal yang menarik pada pelaksanaan upacara kali ini karena para penyandang disabilitas sendiri yang diberikan kepercayaan sebagai petugas upacara mulai dari pembawa acara, komandan upacara, pembaca UUD 1945 hingga pengerek bendera.

Dalam pelaksanaan upacara ini dihadiri Ketua PKK Kab. Dompu, Hj. Ery Aryani H. Bambang, Kepala Dinas Sosial, Kasdim 1614 Dompu, Wakapolres, Kepala Kementrian Agama, Pejabat Eseleon II,III dan IV Lingkup Pemkab Dompu serta undangan lainnya.

Partisipasi para penyandang disabilitas dari siswa SDLB, SMPLB, SMALB se Kab. Dompu sebagai peserta upacara menambah semarak prosesi upacara karena dengan keistimewaan yang dimiliki tidak mematahkan semangat mereka berdiri di bawah terik matahari.

Usai upacara dilanjutkan dengan sesi foto bersama para penyandang disabilitas dan para pejabat yang hadir. Berikutnya pembagian hadiah lomba-lomba tingkat Propinsi dan pemenang olimpiade. Pukul 09.59, Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin, akhirnya hadir di lokasi tepat usai upacara. H. Bambang tampak menikmati dan memberi apresiasi setiap momen kebersamaan bersama para penyandang disabilitas tersebut. (HUMAS)

ntb dompu hut 60
tags: , , , , , , , , , , ,

Related For DINAS SOSIAL GELAR UPACARA PERINGATAN HARI DISABILITAS INTERNASIONAL TINGKAT KABUPATEN DOMPU