DESA RANGGO MENGAWALI PENCANANGAN KAMPUNG KB TAHUN 2018 DI KABUPATEN DOMPU

Thursday, September 13th 2018. | BERITA

kemeriahan Pencanangan Kampung KB Desa Ranggo diakhiri dengan kunjungan pada Pos-pos Pelayanan KB, Kamis (13/9/2018) (Foto/Doc. Humas)

 

DOMPUKAB.GO.ID – Program Kampung Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui BKKBN RI bekerja sama dengan Pemerintah Daerah telah menjadi program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung/desa/kelurahan.

Pencanangan Kampung KB di Kabupaten Dompu di mulai dari Desa Ranggo Kecamatan Pajo yang di gelar di Halaman Kantor Desa Ranggo pada Kamis (13/9/2018) oleh Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH. Desa Ranggo merupakan satu dari 10 desa yang menjadi target pencanangan Kampung KB untuk Tahun 2018 dimana 9 Desa telah sukses menjadi mitra Kampung KB pada Tahun 2017 lalu.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) beserta Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, para Camat se-Kabupaten Dompu, jajaran organisasi wanitaTP PKK dan GOW, PKK Desa dan masyarakat Desa Ranggo.

Dalam kesempatan ini, Arifuddin menyebutkan bahwa Program Kampung KB bisa menjadi satu inovasi strategis dalam penguatan program KKBPK. “implementasi Kampung KB dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi di lapangan karena langsung bersentuhan dan memberi manfaat kepada masyarakat di tingkat Desa/Kelurahan” tuturnya.

Lebih lanjut, Arifuddin juga menjelaskan keberadaan Program KKBPK masuk dalam 9 agenda Nawacita dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 sehingga daya dukung dan komitmen dari seluruh stake holders sangat diharapkan untuk menunjang pelaksanaan program ini.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini DPPKB bekerja sama dengan beberapa OPD melakukan integrasi program bersamaan dengan momen pencanangan Kampung KB. “Pagi ini nampak berbeda dengan pencanangan Kampung KB pada tahun sebelumnya. Kami ingin menunjukkan keterpaduan kegiatan lintas sektor dari beberapa OPD terkait yang memiliki program di Desa Ranggo” jelas Kepala DPPKB, H. Gatot Gunawan, SKM, MPPM.

Selain menghadiri pencanangan Kampung KB, masyarakat nampak antusias mengunjungi pelayanan pembuatan KTP maupun akta kelahiran yang di koordinir oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Perpustakaan Keliling yang di monitori oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah pun cukup menarik minat warga yang melintas di area tersebut dengan inovasi gerobak pustaka yang mampu menjangkau masyarakat di pelosok desa.

Bantuan buku bacaan bagi TK/PAUD di Desa Ranggo juga diberikan oleh Dinas Dikpora untuk mendukung program pengenalan literasi  bagi anak usia dini. “Tujuan lain pola integrasi program ini agar Kampung  KB tidak identik dengan alat kontrasepsi saja tapi memiliki rencana masa depan sehingga terwujud masyarakat yang makmur dan sejahtera” lanjut Gatot.

Komitmen dari Pemerintah Daerah terwujud pula dengan integrasi lintas sektor lainnya yaitu pembuatan  rabat di sejumlah gang Desa Ranggo sebagai Kampung KB oleh Dinas Pemukiman Umum dan Perumahan Rakyat. Di samping itu, para kelompok tani juga diberikan support diantaranya mesin tanam jagung dan mesin pompa air dari Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Acara pencanangan berlangsung meriah dan semarak di tutup oleh penampilan Drama KB persembahan dari Sanggar lokal Desa Ranggo diiringi alunan musik tradisional daerah Dompu yang semakin menegaskan Desa Ranggo sebagai Desa Wisata yang tidak lepas dari kekayaan budaya lokal setempat. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , ,

Related For DESA RANGGO MENGAWALI PENCANANGAN KAMPUNG KB TAHUN 2018 DI KABUPATEN DOMPU