Desa Mangge Asi Deklarasikan Lima Pilar STBM

Thursday, March 14th 2019. | BERITA, PENDIDIKAN dan KESEHATAN

DOMPUKAB.GO.ID – STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah salah satu cara pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program yang di Kabupaten Dompu sendiri telah berjalan sejak tahun 2017, di mana Pemerintah Kabupaten Dompu mendukung penuh Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang lima pilar utama STBM.yang terdiri dari Stop buang air besar sembarangan; cuci tangan pakai sabun; pengelolaan air minum/makanan rumah tangga; pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga tersebut berlangsung di Desa Mangge Asi, Rabu, 13 Maret 2019.

Deklarasi Lima pilar utama STBM di Desa Mangge Asi, Rabu, 13 Maret 2019.

Acara yang dihadiri Sekda Dompu H. Agus Bukhari, Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan dari Polres Dompu, Camat Dompu, Kepala Desa Mangge Asi, Kepala Dusun, beberapa Perwakilan OPD lingkup Kabupaten Dompu, serta Peserta Studi Banding dari 6 Kabupaten Kota dari Provinsi NTT dan NTB yang diharapakan bisa saling bertukar informasi dan pembelajaran mengenai Program STBM.

deklarasi stbm mangge asi dompu
(Peserta Studi Banding dari 6 Kabupaten Kota dari dua Provinsi yakni Provinsi NTT dan NTB)

Ketua Pokja AMPL dalam laporannya menyampaikan beberapa progres yang telah di capai Kabupaten Dompu dari Program 5 Pilar STMB selama berlangsungnya program tersebut di Kabupaten Dompu,”pada setiap desa rata-rata mencapai 95% dari target kegiatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Dompu, H Agus Bukhari M. Si dalam sambutannya berharap kepada pemerintah Desa dan Kecamatan untuk terus memacu semangat warga untuk tetap dan terus menerapkan secara keseluruhan 5 Pilar STBM dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika 5 pilar STBM 100% diterapkan oleh warga maka akan memberikan dampak baik terhadap kesehatan. Karena lingkungan yang bersih Insya Allah akan terhindar dari segala penyakit,” tuturnya.

Kegiatan Deklarasi STMB direncanakan akan diadakan di 81 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Dompu pada tahun 2019, hingga kini kegiatan deklarasi sudah diadakan di 31 Desa dan diharapkan dapat mengurangi penyakit berbasis lingkungan, sehingga masyarakat Dompu dapat menjadi masyarakat yang sehat serta tidak mudah terserang penyakit (KOMINFO Admin)

ntb dompu hut 60
tags: , , , , ,

Related For Desa Mangge Asi Deklarasikan Lima Pilar STBM