CIPTAKAN MENU KHAS DAERAH DOMPU MELALUI LOMBA CIPTA MENU B2SA

Wednesday, October 24th 2018. | BERITA
Lomba Cipta Menu B2SA berbasis Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Dompu

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH bersama Para Pejabat Esselon II,III dan IV menghadiri acara pembukaan Lomba Cipta Menu B2SA pada Rabu (24/10/2018) bertempat di Gedung Pemuda

DOMPUKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Cabang Dompu menyeleggarakan kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal Tingkat Kabupaten Dompu pada Rabu (24/10/2018).

Melalui lomba ini bisa menjadi media sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumisi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. “Saya berharap para peserta dapat memasyarakatkan pola makan dengan menu yang bergizi dan berimbang agar kita tidak mengkonsumsi menu yang mengenyangkan saja melainkan yang mengenyangkan dan terpenuhi nilai gizinya” ujar Kepala DKP, Drs.  Burhanuddin H. Mahdi ketika memberikan sambutan sebagai OPD terkait penyelenggara Lomba B2SA.

Kegiatan yang di gelar di Halaman Gedung Pemuda ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH, dan sangat mengapresiasi event tersebut. Dalam sambutannya beliau menghimbau untuk tetap mempertahankan kreasi  makanan berbahan dasar pangan lokal yang sering disajikan oleh generasi sebelumnya seperti Jago Sombu berbahan dasar jagung, Lawar berbahan dasar ikan mentah, sayur daun kelor yang khasiatnya telah mendunia, dan aneka kuliner lainnya.

Di samping itu, Wabup juga menginginkan ada inovasi baru untuk menciptakan kuliner khas yang bisa “menjual“ nama Daerah Dompu di Tingkat Propinsi hingga Nasional. “Kita harus bisa menciptakan menu khas daerah Dompu agar mempunyai ciri tersendiri dan bisa bersaing dengan aneka kuliner daerah lain yang semakin marak dijumpai di sekitar kita” harap Wakil Bupati yang akrab di sapa Dae Arif tersebut.

Hal senada di sampaikan pula oleh Ketua DPD KNPI Cabang Dompu, Rihul Rahman, ST, pada kesempatan sebelumnya. Rihul menekankan urgensi kekhasan makanan daerah Nggahi Rawi Pahu sebagai salah satu ikon yang bisa di promosikan kepada para wisatawan domestik maupun internasional.

Selain itu, Rihul menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu event dari 12 event yang menjadi rangkaian kegiatan DPD KNPI untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda ke – 90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018 mendatang.

“Kami telah melaksanakan sejumlah event baik di bidang olahraga, sosial budaya, kesenian dan lainnya. Saya mewakili DPD KNPI Cabang Dompu berterima kasih kepada Pemda Kabupaten Dompu yang selalu siap bekerja sama dengan para pemuda dan mendukung kegiatan positif demi membangun daerah kita tercinta” Pungkasnya mengakhiri laporan sebagai Ketua Penyelenggara Kegiatan.

Turut hadir dalam acara tersebut para Pejabat Eselon II, III dan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, anggota ormas kepemudaan, dan sejumlah peserta lomba yang telah siap dengan beragam menu yang akan dinilai oleh para dewan juri. Adapun peserta lomba terdiri dari Siswa/Siswi SMKN Jurusan Tata Boga, Perwakilan Organisasi Wanita di Tingkat Kecamatan dan juga dari Unsur Pemuda.

Selanjutnya, Wakil Bupati bersama jajarannya mengunjungi stand para peserta dan diberi kesempatan untuk mencicipi aneka penganan berbahan dasar pangan lokal tersebut. Para Dewan Juri harus jeli mengamati, merasa dan menilai berbagai hidangan yang tersedia karena dilihat dari cara penyajian makanan yang dilombakan oleh para peserta hampir semua yang tersaji sangat menggugah selera seluruh tamu undangan yang hadir di tempat tersebut. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , , , , ,

Related For CIPTAKAN MENU KHAS DAERAH DOMPU MELALUI LOMBA CIPTA MENU B2SA