BUPATI MANGGARAI BARAT DAN TIMUR AKAN STUDY PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KOMODITI UNGGULAN DI DOMPU

Friday, February 9th 2018. | BERITA
Foto Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Bupati Manggarai Barat dan manggarai Timur.

Selamat Datang : Bupati Kabupaten Manggarai Barat dan Bupati Kabupaten Manggarai Timur Provinsi NTT. (Dok:Humas/Dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Keberhasilan Program TERPIJAR bidang Penanaman Jagung Kabupaten Dompu yang menjadi lokomotif pengentasan kemiskinan di daerah ini, benar-benar telah menjadi “Provokator” bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

Setelah Bupati Sumenep yang difasilitasi PRISMA berkunjung ke Tanah Bumi Nggahi Rawi Pahu di awal tahun 2017. Kali ini, pimpinan daerah dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Bupati Kabupaten Manggarai Barat Drs. Agustinus CH.Dula dan Bupati Kabupaten Manggarai Timur Drs. Yosep Tote, M.Si direncanakan akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Dompu yang dipimpin Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin dengan Wakil Bupati Arifuddin, SH.

Kunjungan kerja kepala daerah di dua wilayah tersebut dalam rangka study banding terkait pembelajaran pengembangan komoditi unggulan khususnya bidang penanaman jagung di Dompu selama dua hari, yakni Senin dan Selasa tanggal 12-13 Februari 2018.

Study banding Bupati Kabupaten Manggarai Barat dan Bupati Kabupaten Manggarai Timur tersebut beralasan karena dua daerah ini sedang berupaya meningkatkan produktifitas komiditi unggulan antara lain tanaman Jagung.

Alasan lainya, karena kedua daerah memiliki lahan yang sangat potensial untuk pengembangan komiditi jagung sekaligus mewujudkan Provinsi NTT sebagai lumbung jagung Nasional serta didasari adanya kerjasama dengan PRISMA sebagai Lembaga Kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia yang fokus pada pengembangan pertanian kawasan Indonesia Timur.

Kerjasama tersebut difokuskan pada pendekatan sistem pemasaran komoditi jagung yang diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan memberikan kontribusi pada peningkatan petani.

Dalam mewujudkan hal tersebut, kedua daerah memilih Kabupaten Dompu sebagai tempat Study Pembelajaran, mengingat Dompu salah satu sentra produksi jagung yang telah berkembang sangat singnifikan dan telah melakukan upaya-upaya nyata dan konkrit selama 7 tahun dalam pengembangan komoditi jagung.

Upaya-upaya nyata dan konkrit tersebut baik dari sistem budidaya, pengolahan, produksi, pasca panen dan pemasaran hasil serta peningkatan yang signifikan pada aspek pendapatan masyarakat dan pengurangan tingkat kemiskinan maupun peningkatan daya beli.

Sesuai jadwal, kedua pimpinan daerah tiba di Dompu pada hari Senin dan malam harinya akan menghadiri acara makan malam bersama sekaligus silaturahmi dengan Bupati Dompu.

Pada Selasa pagi, akan menghadiri acara silaturahmi dengan Bupati beserta seluruh jajaran Pimpinan Daerah serta masyarakat di Pendopo dan dilanjutkan dengan kunjungan ke perusahaan PT. Segar di Desa Teka Sire. Kemudian ke lahan penanaman jagung di Kecamatan Manggelewa Desa Lanci Jaya. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , ,

Related For BUPATI MANGGARAI BARAT DAN TIMUR AKAN STUDY PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KOMODITI UNGGULAN DI DOMPU