BUPATI DOMPU TAMPIL SEBAGAI PEMBICARA PADA REMBUG JAGUNG NASIONAL 2017

Wednesday, September 20th 2017. | BERITA
rembug jagung nasional 2017

Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin saat tampil menjadi pembicara pada acara Rembug Jagung Nasional Tahun 2017 yang ada PKPS. (Foto; Humas/Dompu).

DOMPUKAB.GO.ID – Hari ini Rabu (20/09/2017), Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin menjadi salah satu nara sumber di acara Rembug Jagung Nasional 2017 yang diadakan Pusat Kajian Pangan Strategis (PKPS) di Jakarta.

Rembung jagung Nasional tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai persoalan jagung dari hulu ke hilir untuk direkomendasikan kebijakan strategis dalam meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus memperkuat industri jagung dan peternakan Indonesia, serta menjadikan media untuk mensinergikan berbagai kekuatan, pemikiran dan gagasan para stakeholder.

Acara tersebut dihadir hampir sluruh representasi dari pemerintah, DPR, pengusaha pakan ternak, peneliti, petani jagung, pengusaha ternak, pengusaha bibit, Alsintan, perusahaan pupuk, LSM dan Insan Pers di gedung Jakarta Design Center (JDC).

Saat membuka acara, Pimpinan PKPS Siswono Yudohusodo menyampaikan, bahwa swasembada pangan sangatlah strategis dalam membangun perekonomian dan kesejahtraan Bangsa. “Ini perlu dikelola dengan baik,” ungkapnya.

Lanjutnya, selain pengelolaan yang baik, ada beberapa masalah yang juga harus diselesaikan seperti, lahan petani makin menyempit, mekanisme yang kurang efektif, produktifitas tanaman pangan yang menurun. “Biaya produksi masih tinggi, harga perlu lebih bersaing serta kualitas juga perlu di tingkatkan, maka ini semua perlu di bicarakan bersama,” ajaknya.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 150 orang peserta tersebut, tampil menjadi pembicara yakni, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Dr. Ir. Gatot Irianto, Wakil Ketua Komisi lV DPR RI Dr.Ir, Herman Khaeron, Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian Ir, Musdhalifah MT, Direktur Landform BPN Budi S, Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) Desianto Utomo, Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) Ir. Tri Hardianto, Petani Jagung Sollahuddin, Yayasan Mubyarto Dr. Ir. Noerb Sutrisno.

Sementara itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin yang merupakan satu – satunya kepala daerah yang tampil sebagai narasumber pada kesempatan tersebut, menyampaikan beberapa strategi dan poin penting dalam pengembangan jagung guna mendorong kesejahteraan masyarakat. “Jagung adalah sebagai lokomotif penurunan angka kemiskinan,” ungkap H. Bambang.

Memilih jagung sebagai lokomotif menurunkan angka kemiskinan, kata HBY perlu ada keberanian dalam mengambil keputusan dengan berdasarkan pada kebijakan yang fokus, berkesinambungan serta memiliki komitment kuat dengan dukungan kerja yang berkualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Melihat potensi tanaman jagung yang cukup besar di Pulau Sumbawa, khususnya di Kabupaten Dompu. HBY berharap suatu saat akan berdiri pabrik pakan ternak di Pulau Subawa kedepannya.

Usai tampil sebagai pembicara, para peserta mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bupati Dompu yang menjadikan jagung sebagai lokomotif dalam menurunkan angka kemiskinan di daerah.

Dari kegiatan tersebut, ada banyak persoalan yang menjadi pembahasan, seperti pupuk, bibit, teknologi, lahan, regulasi, kualitas petani, harga, keseimbangan petani dan industri ternak.

Hasil dari Rembug Jagung Nasional Tahun 2017 ini, semua berkomitmen untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh kesejahteraan petani dan memperbaiki semua hambatan yang ada serta mencari keseimbangan yang saling menunjang menuju swasembada pangan Nasional. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , ,

Related For BUPATI DOMPU TAMPIL SEBAGAI PEMBICARA PADA REMBUG JAGUNG NASIONAL 2017