BUPATI DAN PEMROV NTB ADAKAN RAPAT PEMANTAPAN FPT

Tuesday, April 4th 2017. | BERITA, FESTIVAL PESONA TAMBORA 2017
rapat pemantapan fpt 2017

Bupati Dompu bersama Sekda dan Kepala Dinas Pariwisata NTB memimpin rapat Pemantapan FPT 2017. (foto:humasdompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Dalam menunjang kelancaran dan kesuksesan pelaksaan Festival Pesona Tambora 2017 di Savana Gunung Tambora yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Dompu ke 202 tahun pada 11 April 2017.

Bupati Dompu bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Kepala Dinas Pariwisata NTB menggelar rapat pemantapan FPT di Pendopo Bupati, Senin (3/4/2017) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres, Kasdim 1614 Dompu, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Negeri, Sekda, Para Asisten dan Kepala Dinas/Instansi.

Dari pantauan Humas, rapat tersebut membahasa berbagai rangkaian item kegiatan dalam mendukung kemeriahan pesta yang menjadi hajatan gunung tertinggi di Pulau Sumbawa yang merupakan bagian dari komitemen Pemerintah Pusat dan Pemprov NTB dalam menyukseskan Pesona Indonesia dan Woderful Indonesia, menyukseskan Pesona Lombok Sumbawa, mendorong percepatan pembangunan di Pulau Sumbawa, meningkatkan perekonomian dan Icon Sport Tourism Nasional dan Internasional.

FPT 2017 yang telah di Lounching oleh Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia di ballroom Hotel Darmawangsa Jakarta pada Kamis (23/3/2017) lalu. Menetapkan beberapa item kegiatan sebelum puncak acara FPT.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov NTB H. L. Moh. Faozal, S.Sos, M.Si menjelaskan sketsa lokasi dan beberapa kegiatan yang akan memeriahkan FPT yakni, di Kabupaten Sumbawa akan dilaksanakan Festival Mantar (Minggu 2 April 2017) dan Semalam di Istana Dalam Loka (Jum’at 7 April 2017).

Di Kabupaten Bima akan diadakan Festival Kalaki pada (Minggu 9 April 2017), Seminar Sakosa (Sabtu 8 April 2017). Untuk Kota Bima akan dilaksanakan Workshop Videografi (Rabu 5 April 2017). Festival Lawata (Sabtu 8 April 2017) dan Upacara HUT Kota Bima (Senin 10 April 2017).

Kabupaten Dompu yang menjadi wilayah pusat kegiatan FPT ada beberapa kegiatan yang telah diadakan yakni Pacuan Kuda (Kamis 23 Maret). Pemecahan Rekor-Dunia Indonesia tarian dan pawai budaya menggunakan busana adat Dompu Katente dan Saremba Tembe yang dirangkaian dengan Kirab Petakan dan Obor dari Pandopo serta makan Bubur bersama anak TK dan SD di Masjid Raya Baiturrahman Dompu (Sabtu 1 April 2017).

Sedangkan kegiatan yang belum dilaksanakn yakni, Gemar Makan Ikan (Minggu 2 April 2017). Cera Labu 9 siraman di Tengah Pantai Kecamatan Kempo dan festival Lawa Soro yang merupakan kegiatan makan ikan mentah dicampur bumbu di Dermaga pelabuhan Kempo (Selasa 4 April). Kemah Bakti Pramuka, Penyambutan Lari 320 K, Penampilan Kesenian Daerah Dompu (Rawa Mbojo), Tarian Wura Bongi Monca dan Tambora Trail Adventure akan dilaksanakan Sabtu 8 April 2017.

Adajuga kegiatan Pesona Puru Jago dan Wisata Sepeda yang digelar Minggu 9 April 2017. Pengibaran Bendera di Tambora, Atraksi Kesenian dan Kuliner Daerah dilaksanakan pada Senin 10 April 2017.

Pada puncak acara FPT yang direncanakan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia H. Muhammad Yusuf Kalla, Senin 11 April 2017 akan diadakan penyambutan tamu dengan Nggahi Dana dilanjutkan wura mbongi monca, tarian kolosal Berpijar dengan jumlah penari sebanyak 250 orang, Terjun payung, kunjungan peresmian Pabrik Gula PT. SMS dan pelepasan Mobil Countener Truk oleh Wakil Presiden. “Insya Allah Wapres akan menghadiri FPT, karena sampai saat ini beliau belum menunjuk menteri yang akan menggantikannya,” kata Faozal.

Untuk acara Hiburan, Pemprov NTB akan mengundang penyanyi kondang senior Dewiyul dan Pemda Dompu berencana menghadirkan Feron Tambora, Adi Bima dan penyanyi lokal lainya. “Mohon keikhlasan semua pihak untuk bersama-sama bekerja dalam menyukseskan FPT 2017,” ungkap Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin sekaligus menutup kegiatan rapat.

Rapat pemantapan tersebut, dimulai pukul 20.00 wita dan berakhir pada pukul 23.00 wita dengan lancar. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , , ,

Related For BUPATI DAN PEMROV NTB ADAKAN RAPAT PEMANTAPAN FPT