BUPATI BANGGA, WE SAVE BERSIH-BERSIH

Sunday, January 21st 2018. | BERITA
We Save Dompu

We Save dan Melenium Kids Inc. Australia serta Komunitas Gowes Sehat Dompu mengadakan kegiatan bersih-bersih Pantai dari sampah Plastik. (Dok: humas/dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Menjadi masyarakat yang cerdas, inovatif dan produktif tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup besar dalam memberikan kontribusi bagi daerah ini. Namun, menjaga kelestarian lingkungan agar tetap bersih, sehat dan indah pun merupakan bagian yang sangat berarti untuk kemajuan pembangunan daerah ini.

Seperti halnya yang dilakukan anak-anak muda yang tergabung dalam sebuah Organisasi We Save dan Melenium Kids Inc. Australias didukung oleh Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Lingkungan Hidup yang mengajak masyarakat untuk berpikir dan bertindah cerdas, inovatif dan produktif bagi kelestarian lingkungan, utamanya menjaga kebersihan tempat-tempat wisata yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu, Sabtu (20/1/2017).

Menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan We Save berawal dari kepekaan tentang kebutuhan akan kebersihan, salah satunya di objek Wisata Pantai Ria dengan melaksanakan kegiatan studi lapangan untuk menangani sampah, terutama sampah plastik.

Dalam waktu setengah jam, kegiatan studi lapangan tersebut mampu mengumpulkan sampah sebanyak 5.451 sedotan air mineral dan 9.857 gelas mineral.

Sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut, akan menjadi data tentang seberapa banyak sampah yang ada, beban yang harus ditanggung alam atau lingkungan, serta strategi dalam pengelolaannya untuk tidak lagi membebani lingkungan. Sesuai dengan konsep Sustaineble Developmen and Sustaineble Enviroment.

Dari data ini, We Save bisa menghitung seberapa banyak volume sampah yang ada dalam radius tertentu, strategi penanganannya serta kebutuhan Sarpras kebersihan.

Atas tindakan cerdas, inovatif dan produktif yang dilakukan anak-anak muda di Hari We Save dan Melenium Kids Inc. Australias tersebut, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin menyampaikan apresiasi atas kerja masyarakat yang memiliki pola pikir positif dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di tempat-tempat objek wisata di daerah ini. “Saya bangga, karena We Save tidak berteriak-teriak tapi berbuat,” ungkap Bupati dengan singkat di suatu kesempatan.

Apresiasi juga diungkapkan Gatot Gunawan, SKM, M.PPM Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu mengatakan, kegiatan seperti ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah di sektor kesehatan dan kelestarian lingkungan.

“Kereeen, ini namanya anak-anak muda yang cerdas, inovatif dan produktif. Kegiatannya pasti memberikan kontribusi bagi daerah untuk kelestarian lingkungan, utamanya destinasi wisata. Semoga, kita masyarakat sadar akan lingkungan yang bersih dan tidak buang sampah sembarangan,” katanya.

Sementara itu, Syafrudin perwakilan dari We Save Dompu menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pemda Dompu dan Bupati atas dukungan yang luar biasa diberikan selama ini. “Dari kegiatan di pantai ria ini, ada beberapa poin kunci dalam menangani sampah, salah satunya adalah kepekaan dan kepedulian serta keberlajutan,” ujarnya.

Menciptakan lingkungan bersih dan sehat dari sampah-sampah, pihaknya berjanji akan terus meningkatkan kerjasama dengan semua elemen masyarakat yang perduli akan kelestarian lingkungan. “Insya Allah, kedepan kerjasama dengan semua pihak akan terus ditingkatkan, karena persoalan sampah bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan juga berasal dari awal sampah itu dihasilkan yaitu masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Khairul Akbar yang tergabung dalam Komunitas Gowes Sehat Dompu juga mengumpulkan sampah plastik sebanyak 10 karung besar, kemudian disumbangkan ke We Save Dompu. “Setiap orang kalau punya kesadaran akan kebersihan, pasti pantai kita akan terasa indah,” ujarnya.

Semoga gerakan, anak-anak muda yang cerdas, inovatif dan produktif ini, dapat memotivasi seluruh masyarakat Dompu untuk sadar akan kebersihan dan kelestarian lingkungan masing-masing. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , , ,

Related For BUPATI BANGGA, WE SAVE BERSIH-BERSIH