BPN SOSIALISASI PROGRAM PTSL ‘SOLUSI CEPAT MEMBUAT SERTIFIKAT TANAH’

Wednesday, January 30th 2019. | BERITA

DOMPUKAB.GO.ID – Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan koordinasi dalam rangka mensukseskan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019 di wilayah Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu (30/01/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Badan Pertanahan Nasional tersebut dihadiri langsung Bupati Dompu, Kepala BPN, Kapolres, Perwakilan Kejaksanaan Negeri Dompu, Sekda, Pejabat Lingkup Pemda Dompu, Camat Woja, Lurah dan Kades se-Kecamatan Woja.

Dari Kiri ke Kanan : Kepala BPN  Bupati Dompu, Kapolres dan Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Dompu saat penyelenggaraan Sosialisasi Koordinasi Program PTSL di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Dompu, Rabu (30/01/2019). HUMAS
Dari Kiri ke Kanan : Kepala BPN Bupati Dompu, Kapolres dan Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Dompu saat penyelenggaraan Sosialisasi Koordinasi Program PTSL di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Dompu, Rabu (30/01/2019). HUMAS

Pada kesempatan itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengawalinya dengan menyampaikan rasa bangga yang luar biasa, lantaran adanya banyak petani yang tidak lagi berurusan dengan rentenir (koperasi, red) untuk meminjam uang dan beralih memilih kapasitas keuangan yang memadai melalui perbankan.

“Kegiatan ini (PTSL, red) kita akan bisa mengurangi sedikit beban masyarakat untuk berurusan dengan rentenir, karena dengan adanya sertifikat yang jelas dan syah bisa dijadikan jaminan untuk peminjaman modal usaha di bank,” ungkap Bupati.

Bupati menceritakan, bila memasuki waktu tanam, saat ingin memupuk dan ketika akan memanen, para petani harus mencari rentenir untuk meminjam uang. “Ujungnya tidak ada hasil yang dibawa pulang,” sesal Bupati.

H. Bambang mengakui, praktek meminjam uang pada rentenir masih berlaku di beberapa wilayah di daerah ini. Namun jumlahnya sudah tidak terlalu banyak seperti dulu. “Petani kita di desa sudah punya kelebihan uang dan dengan adanya sertifikat sebagai jaminan, mereka bisa mengambil kredit di bank. Saya juga tetap sampaikan ke masyarakat, meskipun kita punya uang tetaplah berusaha meminjam uang di bank,” kata Bupati.

Melalui program PTSL, Bupati berharap rumah sawah kebun dan lahan-lahan masyarakat semua memiliki sertifikat, agar pada saat membutuh uang secara tiba-tiba, sertifikat bisa dijadikan solusi untuk meminjam uang di Bank. “Membawa sertifikat ke bank, menurut saya hal yang paling praktis untuk mendapatkan uang dari pada meminjam pada rentenir,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Bupati mengajak kepada Lurah dan Kepala Desa serta perangkatnya agar dapat memanfaatkan program PTSL untuk membantu masyarakat yang ada diwilayahnya. “Ini kesempatan untuk membantu saudara-saudara kita, agar dapat membangun ekonomi rumah tangga dan kita pun mendapatkan pahala,” sarannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati kembali mengajak kepada seluruh perangkat pemerintah dibawah untuk dapat menyukseskan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap sehingga rakyat dapat hidup sejahtera.

“Mari kita sukseskan tugas negara ini, apapun alasannya kita punya kesempatan untuk mengurus saudara kita dan kesempatan ini tidak dimiliki semua orang dan tidak akan didapat sepanjang waktu. Sekali lagi saya berharap, pekerjaan ini akan kita lakukan semaksimal mungkin dengan mendapatkan jumlah sebanyak-banyaknya dan selesai,” tutup Bupati.

Sementara itu, Kapolres Dompu AKPB Erwin Suwondo, SIK, MIK mengatakan bahwa terkait masalah tanah, kepolisian memiliki SOP penanganan, artinya ada kepastian hak warga yang menjadi kekuatan hukum. “Satu yang harus kita pastikan yakni alas hak berupa surat keterangan tanah (sertifikat) harus dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan sengketa,” katanya.

Oleh sebab itu, Erwin berharap kepada lurah kades dan perangkat desa dapat menyukseskan program PTSL dengan secara bersungguh sungguh tentu dengan hati-hati karena urusan masalah tanah bukanlah pekerjaan mudah, tapi akan menjadi fatal bila mana ada kesalahan. “Mari kita sama-sama mensejahterakan warga kita melalui program ini, bukan membuat permasalah baru yang menimbulkan sengketa. Tetapi dapat mengurangi sengketa,” ajaknya.

Sebelumnya, Kepala BPN Dompu Agus Bangun Raharjo menjelaskan, Program PTSL merupaka program yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowidodo sebagai terobosan yang dilakukan pemerintah untuk kepengurusan sertifikat sehingga prosesenya menjadi cepat. “Manfaat yang diperoleh dari program ini, di antaranya masyarakat memiliki bukti sah kepemilikan tanah, menghindari konflik/sengketa tanah, dan membuat aset masyarakat yang bisa dijadikan jaminan bank untuk modal usaha,” ujarnya.

Agus mengharapkan, program PTSL dapat terus disosialisasikan kepada masyarakat melalui aparatur pemerintah di tingkatan Kecamatan, Lurah dan Desa agar nantinya muncul kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan program ini, sehingga jumlah masyarakat yang memiliki sertifikat atas kepemilikan tanah di Dompu akan semakin meningkat. “Program ini diharapkan dapat menghapus paradigma lama, dimana pengurusan sertifikat sering dikeluhkan oleh masyarakat karena lamanya waktu pengurusan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Program sertifikat gratis melalui Prona berbeda dengan PTSL. Program Prona, pendataan tanah sebagai penerima sertifikat prona dilakukan secara merata di seluruh desa dan kelurahan dalam satu kabupaten. Sedangkan, program PTSL dilaksanakan untuk mempercepat terwujudnya pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan amanat undang-undang.

Terkait besaran pungutan PTSL di masing masing wilayah Desa/Kelurahan acuannya sudah jelas mengacu pada putusan 3 menteri yakni, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PDT dan Transmigrasi, dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, bahwa nominalnya tidak boleh lebih dari Rp. 350.000 yang menjadi tanggung jawab pemohon dan diperuntukkan untuk meterai, tapal batas tanah dan lainya. Adapun syarat yang harus dilengkapi yakni KTP, SPPT dan Alas Hak pendukung lainya.

Dari pantauan, kegiatan berjalan lancar dan seluruh peserta yang menghadiri sosialisasi PTSL bersepakat untuk bekerja semaksimal mungkin untuk menyukseskan tugas negara ini. HUMAS

ntb dompu hut 60
tags: , , , , , , ,

Related For BPN SOSIALISASI PROGRAM PTSL ‘SOLUSI CEPAT MEMBUAT SERTIFIKAT TANAH’