PERINGATI HARI IBU KE-91, BUPATI DOMPU DEKLARASIKAN STOP KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN.

Monday, December 9th 2019. | BERITA
Peringati Hari Ibu Ke-91 Di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu.

Dompukab.go.id – Dalam rangka menyambut PHI (Peringatan Hari Ibu) Ke-91 yang dilaksanakan setiap Tanggal 22 Desember, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggelar acara “Jalan Santai PHI Ke-91” yang dilaksanakan Minggu, 8 Desember 2019, mulai pukul 06.30 Wita sampai selesai, bertempat di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu.

Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun ini punya tantangan tersendiri bagi kaum perempuan Indonesia dan hari ini dikhususkan untuk para perempuan-perempuan yang di Kabupaten Dompu, untuk bersama-sama melakukan gerak jalan santai dengan menggunakan Baju Berwarna putih guna memperingati hari ibu sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Setiap peserta atau kelompok akan diberikan kesempatan untuk menyiapkan sekaligus menampilkan yel-yel tebaik yang mereka miliki, dan bagi yang memiliki yel-yel terbaik dan terpilih akan diberikan penghargaan khusus.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum TP. PKK Provinsi NTB dan yang mewakili, Kepala DPPPA Kabupaten Dompu, Ketua Penyelenggara dan Para Perempuan Peserta Gerak Jalan PHI Ke-91 Tahun 2019, dan seluruh perempuan se Kabupaten Dompu dari berbagai kalangan.

Menurut sejarah, Tanggal perayaan ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959, Tanggal 16 Desember 1959, pada ulang Tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.

Pada Tanggal tersebut berbagai pemimpin dari organisasi perempuan di seluruh Indonesia berjuang dan  bersatu untuk kemerdekaan serta perbaikan nasib kaum perempuan. Terlepas dari itu semua, Hari Ibu adalah momen dimana kita mengingat semua jasa-jasa yang pernah dilakukan oleh Ibu kita. Mungkin kita belum bisa membalas semua itu, atau bahkan kita belum menjadi anak yang baik.

Diawal acara dibuka dengan senam bersama yang pimpin oleh instruktur zumba Faharudin, S.Pd, dilanjutkan dengan sesi Dompu Open 2019 10K dan 5K yang di ikuti oleh pelajar putra dan putri, selanjutnya pelepasan pertama  dilakukan oleh PLT Deputi Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin dalam kesempatan ini Mengajak seluruh laki-laki yang ada di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu untuk segera menandatangani penyataan tentang Stop Kekerasan Pada Perempuan, Stop Kekerasan Pada Anak dan Stop Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Harapannya ialah bahwa Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 tahun ini dapat memperkuat kemampuan kaum perempuan Kabupaten Dompu agar mampu bersaing menjadi perempuan yang berdaya di era digital, baik untuk dirinya, keluarga, dan Negara.

Bupati Dompu Deklarasikan Stop Kekerasan terhadap Perempuan

Acara puncaknya yaitu Gerak Jalan Santai yang di ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang diperioritaskan adalah para perempuan yang ada di Kabupaten Dompu. Ada puluhan peserta yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, termasuk Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu, Tim GOW, Tim Dharma Wanita, Ibu-ibu dari Kecamatan Se Kabupaten Dompu, Ibu-Ibu yang mewakili Instansi dan Para Zumba Lovers Dompu. Peserta dituntut untuk memberikan yel-yel terbaiknya, karena bagi tim yang bisa memberikan yel-yel terbaik akan mendapatkan uang dan tropi dari Bupati Dompu.

Gerak jalan santai ini di mulai dari jam 07.00 WITA start dan finish di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu.

Selanjutnya yel-yel terbaik Gerak Jalan Santai kali ini di juarai oleh Tim Bayangkari Polres Dompu kemudian di susul oleh Tim Persit Candara Kirana Kodim 1614 Dompu. (TM KOMINFO)

tags: , , , ,

Related For PERINGATI HARI IBU KE-91, BUPATI DOMPU DEKLARASIKAN STOP KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN.