PERESMIAN RS PRATAMA MANGGELEWA DALAM MOMEN PERINGATAN HKN KE – 54 TINGKAT KABUPATEN DOMPU

Monday, November 26th 2018. | BERITA, PENDIDIKAN dan KESEHATAN
Peringatan Hari Kesehatan nasional ke 54 Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2018

Peresmian RS. Pratama Manggelewa oleh Bupati Dompu ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan melepas balon ke udara, pada Senin (26/11) (Foto/Doc.:Humas)

DOMPUKAB.GO.ID –  Pembangunan kesehatan yang tengah giat di galakkan di tengah masyarakat pada hakekatnya adalah upaya yang melibatkan semua komponen Bangsa Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Program Indonesia Sehat ini bersinergi dengan Tema Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 54 yakni “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”, yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kesehatan, pada Senin (26/11).

Acara puncak Peringatan HKN di gelar di Halaman Rumah Sakit Pratama Manggelewa, Kecamatan Manggelewa, sekaligus peresmian operasional RS Pratama Kelas D tersebut oleh Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin.

“Keberadaan RS Pratama lebih diutamakan bagi masyarakat Kecamatan Manggelewa dan sekitarnya yang membutuhkan pelayanan lesehatan sehingga tidak perlu menempuh jarak untuk berobat ke RSUD lagi karena memang pelayanan di sini tidak akan berbeda dengan standar layanan di RSUD Kab. Dompu” ujar HBY dalam sambutannya tersebut.

bupati bambang

Lebih lanjut ia menjelaskan alasan mengapa RS. Pratama baru diresmikan di Tahun 2018 ini. “RS. Pratama telah melewati proses pembangunan selama 1 tahun, tapi baru bisa diresmikan dan di operasionalkan saat ini, karena harus melengkapi persyaratan legalitas yang bisa di proses jika bangunannya sudah mencapai hasil 100%” jelasnya.

Bupati berharap dengan hadirnya RS. Pratama bisa mengurangi beban kerja RSUD yang saat ini melayani pasien masyarakat Dompu sendiri hingga luar Kabupaten Dompu.

“Banyaknya pasien dari kabupaten lain menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kita cukup memadai, jika kita terus menampung dengan kondisi overload tersebut di khawatirkan akan mengurangi kualitas. Oleh karena itu, pemerintah menghadirkan RS. Pratama di Kecamatan Manggelewa ini untuk membagi beban kerja” urainya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Iris Juita Kastianti, memaparkan bahwa kabupaten Dompu merupakan satu-satunya Kabupaten di Propinsi NTB yang memiliki RS. Pratama. “Saya berpesan kepada seluruh komponen khususnya masyarakat Manggelewa untuk bersama menjaga dan memelihara fasilitas kesehatan ini, karena semuanya bermuara kepada peningkatan derajat kesehatan kita sendiri” harap Umi Iris, sapaan akrab Ka Dikes tersebut.umi iris dompu

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Dompu, penekanan sirine dan melepas balon ke udara mengisyaratkan bahwa RS Pratama siap bekerja bersama para tim manajemen di dalamnya, termasuk Dokter dan tenaga medis lainnya yang telah siap mengabdi kepada masyarakat.

Rangkaian acara berjalan meriah dan semarak karena dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat umum, tenaga medis yang telah paripurna, para lansia, para medis yang masih aktif, seluruh ASN dan Pejabat Eselon Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Anggota Forkopimda dan Anggota Muspika Kecamatan Manggelewa.

sehat 3

Di awal acara dimulai dengan senam bersama dan dilanjutkan gerak jalan sehat dari Lapangan Manggelewa menuju Halaman RS. Pratama. Sederet penghargaan dan hadiah diberikan bagi para tenaga kesehatan maupun Puskesmas yang telah mengikuti berbagai mata lomba pada kesempatan sebelumnya. Para tamu undangan tidak beranjak dari lokasi hingga akhir acara karena menanti beragam doorprize yang akan di undi oleh para panitia. (HUMAS)

 

tags: , , , , , , , , , , , ,

Related For PERESMIAN RS PRATAMA MANGGELEWA DALAM MOMEN PERINGATAN HKN KE – 54 TINGKAT KABUPATEN DOMPU