Pemda Dompu Gelar Penyerahan Hasil SAKIP 2019 dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon II Tahun 2020

Friday, February 7th 2020. | BERITA
Penyerahan Hasil Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019

DOMPUKAB.GO.ID – Pemda Kabupaten Dompu, Kamis (6/2/2020) menggelar acara Penyerahan Hasil Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon II Tahun 2020 lingkup Pemda Dompu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tindaklanjut dari rekomendasi Badan Pemeriksaan Keuangan (BKP) Perwakilan Mataram NTB.

Penandatanganan perjanjian kinerja ini dilakukan antara bupati dengan pejabat Eselon II atau Pimpinan OPD se-Kabupaten Dompu satu per satu di Aula Pendopo Bupati Dompu.

Tujuannya, agar program kegiatan apa saja yang telah tertuang di RKA Tahun Anggaran 2020 di masing-masing OPD dapat dilaksanankan dengan efektif, efisien, tepat sasaran, tepat waktu, tepat anggaran dan akuntabel sesuai visi misi dari OPD masing-masing.

Acara yang berlangsung di Pendopo Bupati Dompu ini dipimpin Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY), . Hadir pula, Asisten dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Kapala Bagian Lingkup Setda Dompu dan Pejabat Eselon III Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu pada momentum ini mengatakan, Tahun 2020 ini Pemda Dompu dapat memaksimalkan nilai SAKIP-nya yang sebelumnya bernilai CC di laporan SAKIP Tahun 2017 kemudian mendapatkan nilai B untuk SAKIP Tahun 2018.

HBY menjelaskan, meningkatnya nilai SAKIP ini setelah Pemda Dompu secara resmi menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, dalam SAKIP Award Tahun 2019 yang berlangsung di Nusa Dua Provinsi Bali, Senin 27 Januari 2020 lalu.

“Saya minta kepada seluruh jajaran untuk dapat meningkatkan nilai SAKIP di Tahun berikutnya. Kalau tidak dapat ditingkatkan dengan predikat yang tinggi, minimal dapat mempertahankan kembali SAKIP dimaksud dengan meraih predikat B,” ujar HBY, Kamis (6/2/2020).

Menurut HBY, upaya memperbaiki atau meningkatkan kualitas SAKIP di tahun berikutnya, tentu harus melakukan evaluasi berbagai kekurangannya dari sekarang dengan melibatkan semua OPD.

Dasar ini pun lanjut HBY, dirinya memerintahkan Asisten Administrasi Umum Setda Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP, untuk mengkoordinir semua OPD melakukan hal yang dianggap perlu sesuai kriteria, guna memastikan nilai SAKIP Tahun 2019 dapat meningkat lebih baik. “Segera lakukan berbagai langkah termasuk melakukan evaluasi agar apa yang menjadi target bisa dicapai,” katanya.

Disela waktu, Kepala Dinas PPKAD Kabupaten Dompu Muhammad, ST, M.Si, mengatakan, guna menindaklanjuti hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diharapkan kepada pimpinan OPD yang hadir untuk dapat memperpendek rentang kendali pengelolaan atau penyetoran PAD.

Selain itu, juga memperbaiki proses perencanaan dan penganggaran, memperbaiki managemen asset. “
segera menyelesaikan laporan keuangan dan memastikan bahwa perjanjian kinerja Tahun 2020 sudah ditandatangani,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP, dalam momentum ini pun memberikan penegasan bahwa SAKIP Dompu sesuai target RPJMD dan di tahun 2021 nanti dapat memperoleh nilai A. “Hal ini bisa menjadi semangat atau komitmen bagi kita semua untuk mencapainya,” terangnya.

Sebelumnya, acara ini diawali dengan Doa bersama dipimpin H. Rifaid M.Si, salah satu ASN lingkup Pemda Dompu. Kemudian menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Hasil Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Istansi Pemerintah/SAKIP 2019 dari Inspektur Inspektorat Dompu Drs. H. Muhibuddin M.Si ke Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin. Kemudian dilanjutkan dengan
penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2020, Bupati dengan pimpinan OPD se-Kabupaten Dompu. (TM KOMINFO)

tags: , , , ,

Related For Pemda Dompu Gelar Penyerahan Hasil SAKIP 2019 dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon II Tahun 2020