Diskominfo Dompu Adakan Sosialisasi Pengelolaan Website OPD dan Bimtek Admin Finger Print

Thursday, February 13th 2020. | BERITA
Diskominfo Kabupaten Dompu melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) menggelar kegiatan Sosialisasi Website Organisasi Perangkat Daerah

DOMPUKAB.GO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA), Kamis (13/2/2020) menggelar kegiatan Sosialisasi Website Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Bimbingan Tehnik (Bimtek) terhadap admin Finger Print (absensi sidik jari) tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2020.

Acara yang berlangsung di gedung PKK Dompu dibuka secara langsung Asisten III Setda Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, M.Ap, mewakili Sekda Dompu H. Agus Bukhari SH, M.Si. Kepala Dinas KOMINFO Dompu, Ir. Fakhrudin, A. Wahab, M.Si, didampingi Sekertaris Zulfaidin S.Sos, beserta jajaran Kabid Diskominfo Dompu salah satunya Kabid IKP Nasran S.Sos dan sejumlah perwakilan OPD se-Kabupaten Dompu.

Hadir sebagai Narasumber, Kepala Diskominfo Dompu Ir. Fakhrudin, A. Wahab, M.Si dan Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Muhammad Affan, SE, yang juga selaku Ketua Panitia Kegiatan ini.

Kegiatan berlangsung di gedung PKK Dompu

Asisten III Setda Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, M.Ap, melalui penyampaiannya dalam kegiatan ini mengatakan, sesuai dengan Peraturan Presiden (Pepres) nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Dasar inilah diharuskan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten, khususnya Dompu menganggarkan anggaran dari dana APBD untuk membiayai SPBE ini,” ujarnya.

Hal ini, untuk menunjang pemerintah yang efisien, efektif, transparansi dan pelayanan publik yang berkualitas. Maka itu, Pemkab Dompu harus segera mengimplementasikannya.

“Dibandingkan dengan Kabupaten dan Kota di daerah lain, Dompu sudah tertinggal jauh dalam pengelolaan SPBE,” katanya.

Oleh karena itu, Diskominfo saat ini tengah menghimbau dan meminta kepada OPD se-Kabupaten Dompu agar segera membuat Website masing-masing. Begitu juga mengenai Absensi berbasis elektronik. “Kalau desa desa di dompu sudah ada Websitenya. Masa OPD kalah dengan Desa,” tuturnya.

Maka itu, kepada perwakilan OPD yang hadir dalam kegiatan ini diminta untuk menyampiakan kepada pimpinan OPD masing-masing agar segera membuat Website OPD.

“Kita sudah terlambat 5 tahun, bahkan 10 tahun yang lalu dibading dengan daerah-daerah lain,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan Website OPD sangat penting untuk menunjang keterbukaan informasi publik. Bahkan dengan adanya Webiste publik, bisa mengetahui apa saja program dan kegiatan OPD tersebut.

“Kalau tidak bisa dianggarkan dalam APBD murni. Ya bisa di anggaran di APBD Perubahan Tahun 2020 ini,” terang Gaziamansyuri.

Semoga lanjut Gaziamansyuri, Pemkab Dompu bisa mengiplementasikan Smart City terutama dalam hal E-kinerja. Lebih jauh ia berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini para peserta (perwakilan OPD) kedepan bisa mengelola Website dengan baik. “Semoga saja kedepan apa yang kita tergetkan bisa tercapai,” harapnya.

Kepala Diskominfo Dompu Ir. Fakhrudin, A. Wahab, M.Si, melalui penyampaiannya dalam kegiatan ini juga menjelaskan, tujuan di undangnya semua OPD lingkup Pemda Dompu agar bisa memahami dan mengetahui serta mendalami mengenai pengelolaan Website dengan baik. “Itulah alasan kenapa kami Diskominfo menggadakan kegiatan seperti ini,” jelasnya.

Disamping itu, dalam kegiatan ini pun para peserta juga bisa mengetahui bagaimana cara kerja, penggunaan dan manfaat absesi sidik jari (fingerprint). “Untuk konsultasi dan keluhan mengenai fingerprint kami Diskominfo selalu siap kapan saja,” terangnya.

Usai penyampaian Kepala Diskominfo Dompu, dilanjutkan dengan penjelasan dan pemaparan mengenai materi yang tertuang dalam kegiatan tersebut yang disampaikan secara langsung oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Muhammad Affan, SE bersama jajarannya. (TM KOMINFO)

tags: , , , , , ,

Related For Diskominfo Dompu Adakan Sosialisasi Pengelolaan Website OPD dan Bimtek Admin Finger Print