Bupati Dompu Hadiri Pelantikan Pengurus dan Membuka Rakerda Askab PSSI Dompu

Monday, February 10th 2020. | BERITA
Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY), Senin (10/2/2020) menghadiri kegiatan Rakerda Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Dompu priode 2019 – 2023.

DOMPUKAB.GO.ID – Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY), Senin (10/2/2020) menghadiri kegiatan Pelantikan Pengurus dan Membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Dompu priode 2019 – 2023.

Ketua Askab PPSI Dompu yang sebelumnya di Ketuai oleh M. Subahan, SE (Ketua Lama) dan kini di Ketuai (digantikan) oleh Pahlawan Indrajaya (Ketua Baru) mantan pemain Club PERSIDOM.

Bupati Dompu, melalui penyampaian sambutannya mengatakan, berbicara mengenai sepak bola berakti bicara masyarakat. Tidak ada olahraga yang bisa mengalahkan sepak bola.

“Sepak bola adalah olahraga yang murah meriah. Olahraga yang melibatkan banyak orang baik sebagai pemain dan penonton”, ujar HBY.

Tidak ada lapangan untuk bertanding yang mampu mengalahkan luasnya lapangan sepak bola. Saking luasnya, bisa menampung banyak orang.

“Tetapi di zaman modern ini, sepak bola bukan saja sebagai olahraga tapi juga menjadi industri. Itu dibuktikan dulu hanya PSSI saja, tapi sekarang sudah menjadi asosiasi”, katanya.

Menurut HBY, jadi kalau hari ini sudah melantik Askab PSSI Dompu berati melantik industrialis sepak bola. Sebab kalau berbicara industri berakti berbicara target atau desain kegiatan untuk pencapaian.

Menurut HBY, jadi kalau hari ini sudah melantik Askab PSSI Dompu berati melantik industrialis sepak bola.

Kalau seperti itu, pola pikirnya berakti berbicara modal. Sekarang di Kabupaten Dompu, PSSI Dompu tidak perlu membiayai semua kegiatan sepak bola, akan tetapi hanya memulai menertibkannya.

“Saya setuju dengan penyampaian Ketua PSSI NTB. Bahkan bila perlu ada regulasi dan aturan. Misalnya, yang boleh main bola plastik itu hanya anak anak umur dibawah 10 Tahun,” sarannya.

Ditambahkan HBY, bila perlu pertandingan bola di Kabupaten Dompu diputar sepanjang tahun. Begitu juga dengan ketersediaan lapangan bola bila perlu ada di berbagai zona.

“Saya pernah diskusi serius dengan pak Pahlawan Indrajaya mengenai bagaimana lapangan yang ada di tengah pacuan Lepadi di jadikan lapangan bola. Dilokasi itu sudah memenuhi syarat di jadikan lapangan bola”, jelasnya.

HBY berjanji, mengenai rencana ini akan dibahas terlebih dahulu terutama dengan Pordasi dengan meminta agar di bagian tengah arena pacuan kuda dijadikan lapangan bola.

“In Sha Allah, tahun ini karena ada gedung Gor yang akan dibangun di Kandai Dua. Saya sudah bicara dengan Kepala PUPR dan lainnya supaya lapangan bola yang ada di Gor itu kita geser kearah barat. Supaya pagar pembatas yang ada itu, kita bongkar. Mungkin hal ini bisa dibicarakan juga oleh KONI dengan beberapa pihak,” terangnya.

Kalau sarana ini sudah ada, pemain permain bola di setiap deaa itu bertanding sepanjang tahun dalam rangka membentuk PSSI, Persidom Dompu dan lainnya. “Nah, inilah yang harus dimanfaatkan oleh PSSI Dompu”, paparnya.

Lebih jauh HBY berharap, semoga dengan Rakerda PSSI Dompu ini bisa lebih terukur dan termasuk dari segi pencapaian keberhasilannya.

Ketua Asosiasi PPSI NTB Muhammad Suhaeli, FT mengatakan, dirinya mengucapkan kepada pengurus Askab PSSI Dompu dan kedepan bisa bangkit dan berlari sesuai dengan motto KONI Dompu.

Menurut Suhaeli, bagaimana kemajuan sepak bola Dompu ini bisa tercapai dengan satu keyakinan bahwa ini akan didorong oleh Pemda dan KONI Dompu. “Saya yakin semua ini pasti tercapai”, katanya.

PSSI Dompu, diharapkan bisa menertibkan seluruh proses administrasi club yang ada. Sebab elama ini, kendalannya hanya di administrasi atau legalitas formal yuridis setiap club yang ada. “Inilah yang harus didorong oleh PSSI Dompu,” ungkapnya.

Suhaeli juga berharap, semoga sepak bola di Dompu ini bisa berbicara diajang yang lebih jauh. Paling tidak di Dompu, bisa menjadi salah satu club yang ikut di U13 dan seterusnya.

“Mudah-mudahan semangat ini menjadi awal kebangkitan kita yang ada di Dompu. Tapi saya percaya Dompu bisa juara”, harapnya.

Ketua Askab PSSI Dompu Pahlawan Indrajaya SE, mengatakan, alhamdulillah PSSI mendapat perhatian luar biasa dari pemimpin di daerah ini. “Terimakasih atas dukungan dari pemerintah”, ucapnya.

Menurutnya, berbicara bola tidak bisa dengan waktu yang sebentar, tapi membutuhkan waktu bermalam malam. Sepak bola adalah olahraga yang merakyat dan menyatukan semua insan manusia.

“Khusus sepak bola di Dompu ini, kami kepengurusan 2019-2023 akan mencoba menata organisasi yang besar ini. In Sha Allah, apa yang menjadi tujuan kita akan bisa tercapai”, kata Idrajaya.

Ia juga meminta, agar para pemilik club untuk bersiap-siap mempersiapkan diri untuk menata organisasi clubnya mulai dari kepengurusan sampai pada pemainnya. “Inilah saatnya kita menata dengan baik”, jelasnya.

Semoga kedepan lanjut Indrajaya, ada kemajuan dan mencetak prestasi terutama oleh generasi-generasi penerus sempak bola di Dompu. “Semua ini dibutuhkan semangat dan kerja keras bersama untuk mencapai prestasi itu”, terangnya.

Lebih jauh Indrajaya, semoga kedepan akan ada sarana lapangan bola yang memadai untuk menunjang kegiatan sepak bola. Kedepan semoga Kabupaten Dompu bisa mengikuti sepak bola di piala dunia. “Kami berharap kedepan tidak ada lagi yang menenteng bola plastik. Tapi membawa sepatu bola dan bola besar”, harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Dompu Putra Taufan SH, MH, mengatakan, berbicara bola berati berbicara lintas agama, ras, negara dan lintas kepentingan. “Sepak bola itu semuanya menyatu”, ujarnya.

Menurut Taufan, mudah mudahan dalam Rakerda ini Askab PSSI Dompu bisa membangun program kerja yang realistis. “Tapi semua ini harus ada tanggungjawab moral kita dan komintmen yang kuat untuk mencapai prestasi”, katannya.

Taufan berharap, kedepan akan banyak prestasi yang diukir melalui PSSI Dompu. “Semoga akan banyak prestasi”, tuturnya.

Sebelumnya, Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Dompu priode 2019 – 2023 berlangsung di Aula Gedung PKK Dompu.

Pada momentum ini, dihadiri Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin, Kepala Dinas Dikpora Dompu H. Ihtiar SH, Ketua DPRD Dompu Bpk Andi Bachtiar Amd, Par,
Dandim 1614 / Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S. Kom, Wakapolres Dompu AKBP Nurdin Senat, Kasubag Bin Kejaksaan Dompu. Andul Kadir SH, Ketua Asosiasi PSSI NTB Muhammad Suhaeli, FT, jajaran PSSI Dompu dan undangan lainnya.

Acara ini, diawali dengan pembukaan, pembacaan kalam illahi, menyanyikan lagu indonesia raya, lagu mars PSSI, mengheningkan cipta yang dipimpin Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin, pembacaan Do a oleh H. Usman H. A.hamid SE.

Kemudian dilanjutkan, dengan pelantikan dan pengukuhan pengurus PSSI Dompu periode 2019-2023 yang dipimpin Ketua Asosiasi PSSI NTB Muhammad Suhaeli, FT dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan lainnya. (TM KOMINFO)

tags: , , , ,

Related For Bupati Dompu Hadiri Pelantikan Pengurus dan Membuka Rakerda Askab PSSI Dompu