BPBD Kabupaten Dompu Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung.

Wednesday, January 22nd 2020. | BERITA
Persiapan Apel Pasukan Siaga Bencana Banjir, Tanah longsor dan Angin puting Beliung, Guna Menanggulangi bencana yang akan terjadi di Kabupaten Dompu di lakukan .

DOMPUKAB.GO.ID – Rabu, 22/01/2020. Menghadapi musim Hujan Masyarakat kabupaten Dompu melaksanakan persiapan apel Pasukan Siaga Bencana Banjir, Tanah longsor dan Angin puting beliung di Lapangan Beringin Kantor Bupati Dompu dengan tujuan untuk melihat kesiapan dan menyiapkan unsur-unsur terkait beserta perlengkapannya guna menanggulangi bencana yang akan terjadi di Kabupaten Dompu.

Dalam Apel tersebut hadir pula Para Pejabat masing-masing OPD se- Kabupaten Dompu, ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negari, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Depag, Kepala BUMN, Kepala Bagian Setda, Lurah Se Kabupaten Dompu dan Media Cetak dan Elektronik.

Sedangkan yang mejadi peserta Apel yaitu, Kodim 1614 (2 Pleton), Polres Dompu/Satlantas ( 2 Pleton), Brimob Dompu, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Anggota Tagana, Puskesmas Kota, dan Anggota Pramuka.

Pimpinan Apel  Dandim 1614 Dompu Letkom Inf Ali Cahyono, S. Kom menyampaikan menghadapi ketidakpastian sangatlah penting untuk itu dalam apel siaga Bencana pada hari ini diharapkan untuk mengevaluasi bencana berupa gempa bumi, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Harapnya

Permasalahan yang ditimbulkannya dapat dicarikan solusinya agar tidak terjadi permasalahan yang larut, dari data Meteriologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa puncak dari pada hujan akan terjadi pada awal bulan Februari sampai dengan Pertengahan Bulan Maret, kami telah menyiapkan baik dari sisi personil maupun sisi peralatan yang dimiliki oleh TNI, Polisi Republik Indonesia, Brimob, BPBD, Dinas Sosial, melalui Taruna Siaga Bencana (Tanaga), Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Palang Merah Indonesia. Ungkapnya

Dalam Apel tersebut beliau juga memberitahukan cara menghadapi cuaca yang ekstrim  yaitu

1. Tetap waspada dan berhati-hati.

2. Kurangi perjalanan yang tidak perlu, hindari kondisi rawan bencana sehingga mempu mengurangi resiko musibah.

3. Peduli jalur evaluasi titik kumpul yang aman diwilayahnya.

4. Jaga kebersihan lingkungan.

5. Cari  informasi yang jelas dari pada petugas ataupun situs resmi

6. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan sesuai keyakinan, sehingga selalu dalam lindungannya. [TM KOMINFO]

tags: , , ,

Related For BPBD Kabupaten Dompu Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung.