BBPP KUPANG GELAR PELATIHAN PETERNAKAN DI KABUPATEN DOMPU

Saturday, March 17th 2018. | BERITA
BBPP Kupang

Pelatihan Tematik Peternakan di Kecamatan Hu’u. (Dok : Humas Dompu)

DOMPUKAB.GO.ID – Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menyelenggarakan “Pelatihan Tematik Peternakan” yang dihadiri beberapa kelompok ternak dari 2 kecamatan yakni Pajo dan Hu’u Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (17/3/2018).

Kegiatan Pelatihan tersebut dibagi dalam 2 angkatan yang dilaksanakan di 2 tempat yang berbeda, yakni Angkatan X di BPP Kecamatan Pajo dan Angkatan XI di BPP Kecamatan Hu’u.

Pelatihan Angkatan X dibuka secara resmi Kepala BBPP Kupang yang di wakili Drs. Petrus Nenu dan Angkatan XI dibuka Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, MAP di dampingi Widyaiswara Muda dari BBPP Kupang Eni Mulyanti, M.Si.

Saat membuka acara tersebut, Drs. Petrus Nenu mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan program kerja BBPP Kupang Tahun 2018 yang akan berlangsung di 34 titik untuk 1.020 orang. “Untuk Kabupaten Dompu mendapatkan 2 angkatan pelatihan,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan agar peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan baik agar mendapatkan informasi yang tepat menyangkut pengembangan usaha bidang peternakan. “Kita juga bisa saling tukar pengalaman antar sesama peternak,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dari hasil kegiatan ini para peternak juga akan mendapatkan informasi baru dari fasilitator maupun praktisi, sehingga usaha bidang peternakan sukses membangun kesejahteraan ekonomi rakyat. “Kita harus tetap semangat menerima materi dan tentunya mematuhi segala tata tertib,” ujarnya.

Di tempat lain, Drs. H. Gaziamansyuri, MAP mengungkapkan, pelatihan tematik peternakan sangat dibutuhkan agar menghasilkan ternak unggul yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. “Ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin,” harapnya.

Ia menjelaskan, pelatihan merupakan ajang pembelajaran, shering informasi dan sarana silaturahmi bagi para peternak yang ada di Kabupaten Dompu, khususnya di Kecamatan Pajo dan Hu’u. “Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat meningkatkan skill atau kemampuan agar peternak lebih sejahtera dengan menemukan cara-cara baru yang inovatif demi kemajuan usaha,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 17 sampai dengan 21 Maret 2018 dengan menghadirkan fasilitator/pelatih antara lain Sjamsul Bahri, SPt, Asmah, SPt, Rumedi, Spt dan Dwi Riyanto, SPt yang telah di training sebelum di BBPP Kupang pada bulan Februari 2018.

Pelatihan difokuskan terutama dalam teknis pembibitan ternak potong, teknis formulasi pakan ternak dan teknik pemeliharaan ternak.

Pelatihan Teknis Tematik peternakan, merupakan metode pelatihan dengan materi yang disesuaikan dengan potensi, permasalahan dan kebutuhan di daerah, sehingga diharapkan peternak mampu memecahkan masalah ternak dan mendukung program SIWAB (Sapi Induk Wajib Bunting).

Pelatihan ini tidak sekedar memperoleh materi maupun teori semata. Tetapi juga melakukan praktek atas materi dan teori yang di dapatkan.

Dari pantuan langsung, kegiatan berjalan baik berkat dukungan dan kerjasama panitia dari BBPP Kupang Sitti Aminah Daiman, SH, Olfiana Elisabeth Nubatonis,A.Md, Lolo Halrohaeni Dethan,STP dengan panitia di BPP Kecamatan Pajo maupun di BPP Rasabou Kecamatan Hu’u. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , ,

Related For BBPP KUPANG GELAR PELATIHAN PETERNAKAN DI KABUPATEN DOMPU