BAPPEDA DAN LITBANG ADAKAN MUSRENBANG KECAMATAN

Wednesday, February 22nd 2017. | BERITA, KEGIATAN SKPD
bappeda dan litbang dompu

Kepala Bappeda dan Litbang Dompu didampingi Camat Pajo, Kapolsek Pajo membuka acara Musrenbang di Kecamatan Pajo. (foto:bappeda&litbang)

DOMPUKAB.GO.ID – Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Dompu Tahun 2018. Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Dompu melaksanakan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan.

Pelaksanaan musrenbang tersebut bertujuan dalam mewujudkan agenda-agenda yang telah diamanatkan dalam rencana strategis pemerintah daerah melalui RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Dompu tahun 2016-2021.

Kepala Bappeda dan Litbang Drs. H. Abdul Haris, M.Ap mengungkapkan, musrenbang kecamatan bertujuan untuk mendapatkan masukan pada saat penyusunan RKPD kabupaten. “Ini dilakukan agar ada sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas SKPD yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Dompu, APBD Provinsi maupun APBN,” ungkapnya saat membuka Musrenbang di Kecamatan Pajo, Rabu (22/02/2017).

Abdul Haris menjelaskan, musrenbang kecamatan juga dilaksanakan sebagai media interaksi bagi segenap stekholder untuk menetapkan program daerah.

Pada kesempatan tersebut, Abdul Haris menambahkan, bahwa keberhasilan pembangunan daerah dibidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya diawali dari bawah melalui musrenbang kecamatan ini. “Keberhasilan yang dicapai berkat kerja keras dan kerja sama seluruh aparatur pemerintah yang didukung seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Perlu disadari, keberhasilan dan kemajuan pembangunan tentunya masih terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan baik dari sisi kebijakan program maupun kegiatan yang dilandasi semangat kebersamaan dan persatuan. “Bila kita bersama dan bersatu, maka semua kendala dan kekurangan akan dapat diselesaikan dengan baik, sehingga pembangunan dapat kita wujudkan bersama,” ujarnya.

Dikatakannya, pekerjaan seluruh stekholder termasuk di tingkat kecamatan memang tidak ringan, salah satunya penyelenggaraan pemerintah yang berbasis ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi. “Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi akan ditingkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan publik,” jelas mantan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dompu ini.

Inilah jadwal pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tahun 2017. Kecamatan Pajo dilaksanakan Rabu 22 Februari, Kecamatan Woja dan Kempo pada hari Kamis 23 Februari, Kecamatan Hu’u dan Manggelewa dilaksanakan hari Senin 27 Februari, Pekat dilaksanakan hari Selasa 28 Februari. Sedangkan Kecamatan Dompu dan Kilo dijadwalkan Rabu 1 Maret 2017. (HUMAS)

Share and Enjoy

tags: , , , , , ,

Related For BAPPEDA DAN LITBANG ADAKAN MUSRENBANG KECAMATAN