ARIS MARTONO : BUPATI DOMPU PEMIMPIN YANG VISIONER

Thursday, November 9th 2017. | BERITA
Mayjen Aris Martono Haryadi

Mayor Jendral TNI Aris Martono Haryadi Ketua Bidang Pengkajian Daerah (Kajida) Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Setjen Watannas)

DOMPUKAB.GO.ID – Mayor Jendral TNI Aris Martono Haryadi Ketua Tim Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Setjen Watannas) bidang Pengkajian Daerah (Kajida) memuji kepemimpinan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin yang berhasil membangun ekonomi rakyat melalui program pro rakyat bidang tanaman pangan, khususnya sektor tanaman Jagung dan Tebu.

“Patut kita syukuri dan apresiasi bahwa Dompu merupakan daerah memiliki sumber daya alam yang cukup subur dan kami yakin dibawah kepemimpinan Bupati yang Visioner (orang yang memiliki wawasan kedepan, red), potensi-potensi ini akan dapat dimanfaatkan dalam mendukung dan menguatkan ketahanan pangan Nasional di tingkat daerah, khususnya di Dompu,” ungkap Aris Martono saat menghadiri acara silaturahmi dengan masyarakat dan jajaran pemerintah Kabupaten Dompu di Gedung PKK, Kamis (09/11/2017).

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada H. Bambang M. Yasin yang telah membangun pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi di daerahnya. “Hal itu, kami sudah melihatnya secara nyata dilapangan,” ucap Aris.

Jendral Bintang Dua ini menjelaskan, penunjang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Dompu adalah, karena daerah ini memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai seperti struktur tanah yang subur. “Disini (Dompu, red), tampa membuat embung, air sudah ada dan melimpah. Jadi potensinya sangat menunjang tinggal bagaimana kita mengupayakan dalam membangun ekonomi rakyat disektor pangan,” ujarnya.

Selain disektor pertanian dan perkebunan, Kabupaten Dompu juga memiliki kekuatan lain dalam membangun ketahanan pangan dibidang peternakan. “Daerah ini memiliki potensi besar dalam mengembangkan sapi dengan cara membuat Rans (dikandangkan), karena sudah tersedia pakan yang cukup potensial untuk makanan ternak seperti limbah tebu dan jagung,” ujarnya.

Terkait tata kota, Aris Martono menyarankan kepada pemerintah daerah agar lebih mempercantik kotanya seperti Kali Jodo dengan konsep yang ‘Kekinian’ sebagai daya tarik kunjungan wisata, karena pariwisata merupakan salah satu sektor pendapatan ekonomi tertinggi penyumbang defisa negara selain minyak. “Dompu punya potensi itu, tinggal dikembangkan dengan melibatkan investor untuk membangun perhotelan,” sarannya.

Dalam menunjang sektor pariwisata tersebut, Aris Martono menantang Bupati untuk terus melahirkan terobosan-terobosan baru dengan membuat Bandara skala kecil sebagai penunjang mobilitas transportasi pariwisata. “Adanya bandara itu memiliki daya tarik tersendiri,” ucapnya.

Berkaitan dengan perusahaan Pabrik Gula PT. SMS Kecamatan Pekat yang masih membutuhkan tenaga kerja pada saat panen, Ia menitipkan pesan kepada pemerintah dan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk dapat mensosialisasikan kepada warga untuk tidak bekerja ke luar negeri, karena peluang lapangan kerja di daerah masih cukup besar dengan gaji yang sepadan. “Kalau sama gajinya satu atau dua juta, kenapa harus jadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia),” sarannya.

Menyinggung masalah faham-faham yang radikalisme seperti Gafar, Aris Martono mengharapkan agar faham aliran garis keras tersebut tidak ada di Dompu. “Jangan biarkan aliran Gafatar berkembang di daerah ini, serta faham-faham garis keras lainya,” inginnya.

Sebelumnya, Mayjen TNI Aris Martono haryadi membacakan sambutan dari Setjen Wantannas RI Letjen. TNI (Purn). Nugroho yang menjelaskan tugas pokok dan fungsi lembaga struktural yang dipimpin langsung Presiden RI dengan landasan hukum Kepres No. 101 tahun 1999. “Wantannas memiliki tugas pokok merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional untuk menjamin pencapaian dan tujuan kepentingan nasional,” ungkapnya.

Selain itu, tugas wantannas tidak saja pada masalah yang berbau negatif tapi masalah positif juga perlu diakomodir sebagai acuan bagi daerah-daerah lain. “Khususnya Dompu menggunakan masalah yang positif karena merupakan daerah yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata nasional,” ujarnya.

Pertumbuhan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah melalui masalah yang positif ini, harus dapat dicontoh oleh daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. “Dompu perlu dijadikan contoh oleh daerah lain yang pembangunan ekonominya masih dibawah rata-rata nasional,” tutupnya menyampaikan sambutan Setjen Wantannas. HUMAS

Share and Enjoy

tags: , , ,

Related For ARIS MARTONO : BUPATI DOMPU PEMIMPIN YANG VISIONER